Istilah SEO dan Artinya

istilah seo dan artinya
Istilah SEO di bawah ini dihimpun dari berbagai sumber, utamanya dari republikseo.id, trikmudahseo.blogspot.com, whello.id, toffeedev.com, dan klikseo.com. Dan seperti biasa, infobaswara menyusunnya secara alphabetik supaya mudah dibaca.

Istilah SEO dan yang terkait dengannya dalam daftar panjang ini adalah yang terlengkap yang pernah dihimpun. Harapannya, dengan mengetahui pengertian masing-masing Istilah SEO tersebut, kamu akan bisa melihat Perbedaan SEO dan SEM, Bagaimana Cara Kerja SEO, dan atau Cara Menggunakan SEO. Tentu saja, dua harapan terakhir ini akan terwujud maksimal apabila kamu terus mendalami SEO, dan mempraktikkannya terus dalam konten yang dibuat.

Inilah Istilah SEO dan Artinya, terlengkap untuk kamu yang serius ingin belajar SEO:    

Account adalah sebuah data atau informasi dari seseorang yang biasanya terdiri dari username (nama pengguna) dan juga password (kata sandi) beserta beberapa keterangan tambahan lainnya.

Admin adalah berasal dari kata Administrator, yaitu seseorang yang mempunyai tingkatan tertinggi dalam suatu jaringan dan bertugas untuk mengatur jaringan tersebut.

Adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem Pay Per Click (PPC) atau bayar per klik.

Algoritma adalah logika, metode, dan tahapan (urutan) sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan. Algoritma dapat juga diartikan sebagai urutan langkah secara sistematis dan logis. Dalam perkembangannya, algoritma banyak dipakai di bidang komputer.

Alt Text adalah Teks Alternatif yang memiliki fungsi untuk memberitahu search engine mengenai suatu gambar. Alt text memiliki peranan penting untuk memunculkan blog atau website anda di Google image.

Anchor Text adalah kata yang dapat di-klik dalam sebuah konten. Apabila kata tersebut di-klik, maka akan mengarah pada sebuah halaman atau alamat website. Istilah ini berfungsi agar mesin pencari dapat mengenal website tersebut dengan kata yang dipilih.

Authority adalah penentuan ke otoritasan sebuah situs menurut Google. Semakin authoruty sebuah situs, semakin bagus pula ranking-nya dalam SERP.

Author Rank (AR) adalah ranking penulis konten pada sebuah web. Algoritma Google saat ini sangat menaruh perhatian khusus pada AR. Penulis yang memiliki rank bagus di mata Google, cenderung akan meningkatkan rank sebuah website pada SERP.

Backlink atau Inbound link adalah link dari website atau blog lain yang mengarah ke website kita. Salah satu faktor yang digunakan Google untuk menaikkan ranking sebuah website adalah kualitas backlink yang didapatkan oleh sebuah website.

Black Hat SEO adalah teknik SEO yang dimaksudkan untuk “mengakali” Google. Misalnya adalah cloacking, doorway page, membuat duplikat konten, hidden text, link farm, dll.

Blog Comment adalah teknik mencari backlink dengan berkomentar pada situs orang lain.

Bold adalah mencetak tebal teks kata kunci yang dioptimasi. Robot Google akan menaruh perhatian untuk ini, termasuk juga pengenaan italic (teks/kalimat yang dimiringkan).

Bounce Rate adalah istilah yang digunakan untuk mengukur seberapa banyak user yang hanya mengunjungi satu halaman website kita. Bounce Rate di ukur dalam persen. Semakin rendah nilainya, semakin bagus sebuah website. Sebuah website dianggap berkualitas jika Bounche Rate-nya di bawah 50%.

Broken Link adalah Link yang berada dalam sebuah blog atau website yang sudah tidak valid atau mengalami kerusakan, dan karenanya tidak dapat diakses.

Click adalah jumlah klik pengunjung yang datang dari mesin pencari menuju website anda (keseluruhan halaman dan post).

Cloacking adalah teknik membuat search engine menampilkan hasil yang tidak sama atau berbeda dengan hasil yang dilihat oleh pembaca atau pengunjung. Teknik ini adalah yang paling berat hukumannya jika diketahui oleh Google, yaitu deindex.

Content Creator (kreator konten) adalah sebuah Profesi yang membuat suatu konten, baik berupa tulisan, gambar, video, suara, ataupun gabungan dari dua atau lebih materi tersebut. Konten-konten tersebut dibuat untuk media, terutama media digital seperti Website, Youtube, Instagram, Facebook, Blogger, Dll.

Crawling adalah sebuah proses ketika Googlebot menemukan konten baru di website atau blog anda, lalu konten tersebut akan ditambahkan agar dapat terindeks oleh Google.

CSS (Cascade Style Sheet) adalah serangkaian pendefinisian nama yang disertai pengaturan tampilan dari nama tersebut. CSS letaknya di head tapi bisa dieksekusi di bagian body dengan perintah class atau id. Semakin sederhana CSS, semakin menjemukan, tetapi tentunya akan semakin SEO friendly.

CTR (Click Through Rate) adalah menunjukan jumlah perbandingan antara berapa kali website anda ditayangkan di mesin pencari dibandingkan berapa jumlah yang klik (masuk) website anda.

Deindex Google adalah situasi di mana website Anda sudah tidak masuk dalam indeks Google sehingga website Anda tidak akan muncul di hasil pencarian Google sama sekali. Meskipun Anda melakukan pencarian berkali-kali dengan berbagai macam kata kunci, website yang sudah terkena deindex Google tidak akan muncul di hasil pencarian.

Google melakukan deindex untuk memberikan pengalaman terbaik kepada para penggunanya sehingga mereka tidak akan membuka website yang bermasalah. Deindex Google dapat disebabkan oleh berbagai hal. Biasanya website atau blog melakukan pelanggaran terhadap guideline yang ditetapkan Google, dari rendahnya kualitas konten website sampai indikasi kode berbahaya di website.

Digital Marketing adalah segala upaya untuk melakukan pemasaran suatu produk dan jasa melalui media internet. Pemasaran dalam internet marketing bukan hanya untuk meningkatkan penjualan, tapi juga termasuk promosi produk dan jasa baru, branding, dan membina hubungan dengan pelanggan.

Digital Marketing Manager/Specialist adalah orang yang bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan pemasaran dan branding produknya secara digital (online), seperti Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing, Social Media, Content Marketing, Email Marketing, Video Marketing, dll.

Dofollow adalah sebuah tautan yang memberitahukan search engine, seperti Google, Yahoo, Bing, dll untuk mengikuti (follow) website/halaman yang dituju tersebut, dofollow link biasanya ditulis dengan menambahkan ‘rel’ pada HTML nya. Contohnya: <a href=’http://www.google.com’ rel=’dofollow’>Google</a>.

Domain Authority (DA) adalah sebuah metrik yang dipakai oleh MOZ (tool SEO) untuk dapat memprediksi seberapa kuat sebuah nama domain. Secara umum, domain authority mempunyai perhitungan sendiri seperti jumlah link eksternal yang menuju domain, usia domain, jumlah konten yang terindeks Google, dll.

E-Book adalah singkatan dari Buku Elektronik, atau disebut pula dengan buku digital, yakni versi elektronik dari sebuah buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar.

Email Blast adalah istilah yang digunakan untuk aktivitas mengirimkan email kepada banyak penerima pada waktu bersamaan. Istilah ini sebangun arti dengan Email Broadcast.

Email Marketing adalah email berkonten promo produk yang tidak terkesan memaksa yang dikirim dalam kurun waktu tertentu berdasarkan list email pelanggan (subscriber). Cara ini terbilang efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan dan mengarahkan mereka menjadi pelanggan loyal.

FB Ads atau Facebook Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu Fan Page yang sebelumnya sudah dibuat oleh pengguna Facebook dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan tersebut.

FLASH adalah sebuah elemen grafis dinamis yang bergerak, tapi tidak bisa diidentifikasi oleh Google, karena Google “kurang menyukai” halaman flash.

Focus Keyword adalah kata kunci utama yang dibidik dan ditempatkan pada sebuah konten menurut guideline/ kemauan mesin pencari.

Footprint adalah catatan kaki yang anda masukkan ke query pencarian Google untuk mencari blog-blog untuk dijadikan tempat menanam backlink.

Freshbot adalah robot Google yang berfungsi mengambil data-data perubahan terbaru dari sebuah blog/web. Frekuensi kerja dari freshbot ini lebih tinggi dari deep crawling.

Google AdWords adalah platform periklanan dari Google dimana kita dapat mengatur iklan bisnis kita. Disini kita bisa mengatur tempat penempatan iklan di Google Search atau jaringan Google, lokasi target pasar, bahasa, dsb.

Google Analytics adalah layanan Google untuk mengukur dan menganalisa kunjungan user ke sebuah website.

Googlebot adalah robot (program) dari Google yang bertugas melakukan perayapan mendalam (deep crawling), yakni mengambil data yang sangat lengkap dari suatu blog/web. Biasanya perayapan ini mempunyai frekuensi yang agak lambat.

Google Dance adalah sebuah algoritma yang diciptakan Google untuk menyusun ulang website atau blog yang berada di SERP. Itu sebabnya, jangan heran jika sebuah website secara tiba-tiba turun jumlah visitornya.

Google Mobilegeddon adalah update algoritma terbaru google pada April 2015. Algoritma Google Mobilegeddon ini diperuntukkan untuk menyesuaikan pencarian dengan menggunakan smartphone dan tablet, atau lebih dikenal dengan mobile friendly. Jadi, jika website yang tidak bersahabat dengan tampilan mobile, maka bisa saja terlempar jauh dari halaman depan mesin pencari google. Itu sebabnya, website masa kini haruslah mobile friendly.

Google Pagerank (lihat Pagerank).

Google Panda adalah update alogaritma Google yang pertama kali diumumkan pada February 2011, dimana update ini dimaksudkan untuk membasmi website-website berkualitas rendah agar tidak muncul di hasil pencarian. Contohnya adalah website yang dibanjiri iklan, tidak memiliki konten atau sedikit konten, website yang hanya berisi satu halaman, duplikat konten, dll.

Google Penguin adalah update alogaritma Google yang pertama kali diumumkan pada April 2012 dan kini telah mencapai update penguin 2.0 . Tujuan update ini adalah untuk membasmi website-website yang melakukan teknik SEO yang melanggar guideline dari Google. Contohnya adalah membanjiri website dengan keyword, cloacking, hidden text, jual beli link, dan teknik black hat SEO lainnya.

Google Sandbox adalah sebuah penalti atau hukuman yang diberikan oleh Google terhadap sebuah halaman website, dengan cara menurunkan posisi ranking halaman tersebut di SERP. Tentu, hal ini sangat merugikan anda karena tidak akan mendapatkan traffic dengan kata kunci yang pernah anda optimasi.

istilah seo dan bagaimana cara kerja seo
(img via data-flair.training)

Google Webmaster Tools adalah alat-alat yang diberikan oleh Google, agar para webmaster (pemilik web) bisa melihat data-data internal Google untuk blog mereka.

Growth Hacking adalah teknik pemasaran yang dikembangkan oleh perusahaan di bidang teknologi yang menggunakan kreativitas, berpikir analitis, dan metrik sosial untuk menjual produk dan mendapatkan eksposur. Hal ini menjadikan growth hacking sebuah bagian dalam ekosistem pemasaran online. Seperti yang telah terlihat dan teruji bahwa GROWTH HACKER (Orang yang ahli dan menggunakan strategi growth hacking) sangat pandai dan ahli dalam menggunakan teknik seperti optimasi mesin pencari (SEO), menganalisa website, pembuatan konten marketing dan pengujian A/B.

Heading Tag adalah pemberian tag pada teks untuk memberitahu teks ini yang terpenting, lebih penting, kurang penting, dan sebagainya.

Hidden Text adalah teknik menyembunyikan link yang sebenarnya, biasanya warnanya akan disamakan dengan warna background.

Honeymoon adalah istilah untuk menggambarkan sebuah website yang bisa langsung berada di halaman satu Google dalam beberapa saat, dan jika tidak dioptimisasi secara benar, posisinya bisa saja berubah drastis.

Baca pula: Istilah dalam Internet Terlengkap

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah suatu protokol komunikasi dalam jaringan internet. HTTPS dapat diartikan sebagai bentuk protokol internet yang paling valid dan yang paling aman. HTTPS ini akan melindungi integritas serta kerahasiaan antara situs dan komputer pengguna. Dalam konteks SEO, Google sangat menyukai website berbasis HTTPS.

IFRAME adalah sebuah perintah untuk menampilkan jendela dari suatu halaman web lain di dalam halaman web kita, metode ini harus digunakan dengan hati-hati untuk menjaga performa halaman.

Impression adalah jumlah kunjungan ke website (snipet) anda ditayangkan pada hasil pencarian terhadap setiap orang yang melakukan pencarian di mesin pencari Google.

Inbound link (lihat Backlink)

INDEX adalah istilah untuk database Google. Sebuah blog/web yang telah terindeks tidak serta merta berada di page 1 Google.

Javascript adalah perintah yang disisipkan di body untuk mengeksekusi perintah yang cukup kompleks. Tapi perlu dicatat, bahwa Javascript Internal lebih direkomendasikan dari Javascript Inline (untuk mempercepat loading blog, harus ditempatkan di bagian akhir body).

Kata Kunci Type Broad adalah metode pencarian yang tidak menggunakan atribut tanda kutip atau atribut yang lainnya. Hasil penelusuran lebih general atau umum, yang memungkinkan ditampilkannya kata kunci dengan frasa yang sesuai atau variasinya yang relevan dengan kata kunci tersebut.

Kata Kunci Type Exact hanya dapat berpengaruh pada pencarian Google Adwords. Kata kunci type exact ini pada google search sama dengan hasil pencarian dengan type phrase.

Kata Kunci Type Phrase adalah metode pencarian yang menggunakan atribut phrase atau tanda kutip. Hasil penelusuran yang ditampilkannya kata kunci dengan frasa yang sama persis. Jadi, dengan menggunakan kata kunci phrase akan menemukan hasil pencarian seperti yang di tujukan pada kata kunci yang di maksud, baik dari urutannya, jumlahnya maupun susunan kata-katanya.

Keyword adalah Kata kunci untuk menjelaskan isi suatu halaman situs agar dapat dicari.

Keyword Density adalah kepadatan atau kerapatan sebuah kata kunci pada postingan page hingga seluruh homepage blog atau website. Keyword Density dihitung berdasarkan berapa jumlah keyword dalam blog/postingan dengan seluruh kata yang ada pada blog/postingan tersebut.

Keyword Planner adalah salah satu tool milik Google yang membantu kita melakukan keyword research.

Keyword Research atau Riset Keyword adalah proses mencari kata kunci yang tepat untuk ditarget, yaitu memiliki tingkat pencarian yang tinggi, dengan persiangan serendah mungkin. Keyword Research ini adalah bagian terawal dari SEO, dan bisa sangat mempengaruhi hasil rank nantinya. Jika anda memilih keyword yang persaingannya medium ke atas, tetapi blog anda masih relatif baru, maka peluang blog/web anda pun kecil untuk bersaing dengan web lama yang telah terlebih dahulu membidik kata kunci yang sama.

Kompetitor adalah para pesaing dalam membidik kata kunci yang ditarget.

Konten adalah segala informasi yang ada di website dan dapat diakses oleh siapa pun dengan internet.

Link adalah alamat atau Tautan suatu situs.

Linkbait adalah sebuah website yang digunakan untuk menarik backlink lebih banyak. Biasanya berbentuk sebuah artikel, foto maupun video –Misalnya, sebuah website berjenis sosial bookmarking seperti halnya digg atau stumbleupon.

Link Building adalah proses untuk membangun backlink yang akan diarahkan ke blog anda.

Link Spam adalah menanam backlink di sembarang tempat, ini termasuk Blackhat SEO, karena menurut Google akan mengurangi kenyamanan sebuah halaman website.

Link Juice adalah sebuah link yang terdapat di dalam sebuah website, dimana link tersebut mempunyai peran ketika meningkatkan website yang sedang kita optimasi. Adapun tolak ukur link juice itu sendiri dapat dilihat dari seberapa populer website tempat kita menyimpan link.

Load adalah Proses mengambil isi suatu halaman situs.

Login/Log On adalah Proses masuk ke dalam suatu situs atau jaringan.

Logout/Log Off adalah Proses keluar dari suatu situs atau jaringan.

Long Tail Keyword (LTK) adalah kata kunci panjang yang berfungsi agar kita lebih mudah meraih rank tinggi di Google, karena tingkat persaingan LTK yang lebih sedikit.

Mailing List adalah Fasilitas berkirim surat pada suatu situs, dimana jika telah mendaftarkan diri sebagai peserta, maka akan secara otomatis mendapatkan pesan dari anggota lain yang mengirim pesan email ke mailing list tersebut.

Meta Deskripsi atau Meta Description adalah atribut HTML yang memberikan penjelasan singkat mengenai isi dari sebuah halaman web. Meta deskripsi biasa digunakan di hasil pencarian mesin pencari untuk menampilkan gambaran singkat dari halaman tersebut.

Meta Robots adalah meta tag yang bisa digunakan untuk mengatur kelakuan dari robot di halaman blog anda….. Kode HTML dari meta ini adalah <meta name=’robots’ content=’noindex’ />

Meta Tag adalah suatu kode HTML yang dipasang di dalam template website kamu. Tujuannya untuk membantu search engine mengetahui rangkuman isi dari website mu. Jadi, tujuan sebenarnya meta tag adalah untuk memudahkan search engine mengindeks website kita.

Mobile Responsive (lihat Responsive).

Monetize adalah Suatu tindakan mengkomersilkan suatu konten online, sehingga dapat menghasilkan uang.

Monthly Searches adalah jumlah pencarian perbulan pada suatu keyword.

Niche adalah sebuah bentuk pemetaan atau pengklasifikasian sebuah blog/web berdasarkan jenis dan isi/kontennya. Dalam bahasa Indonesia, Niche diterjemahkan dengan “ceruk”.

NoFollow adalah memberikan sinyal kepada Google, bahwa link yang tertera dalam blog/website yang dimiliki tersebut tidak mengarah ke link yang tertera. Jadi, adanya NoFollow, membuat Google tidak akan menganggap link yang terdapat dalam blog/website tersebut. Akibatnya, tidak akan menaikkan nilai yanga ada dalam PageRank dari blog/web yang tertera dalam link itu.

Offpage SEO adalah upaya mengoptimalkan website/blog dari luar website/blog dengan cara mempromosikan link menuju website/blog kita. Contoh teknik Seo Off Page di antaranya menaruh link pada sosial media, mengomentari website/blog menggunakan open id, dan sebagainya.

One Way Backlink adalah backlink satu arah seperti melakukan backlink dari blog comment.

Onpage SEO adalah upaya mengoptimalkan website/blog dengan cara menerapkan kata kunci (keyword) ke dalam data website/blog itu sendiri. Contoh teknik SEO On Page di antaranya membuat judul artikel yang mengandung kata kunci, memperjelas kata kunci pada artikel dan lain sebagainya.

Outbound Link adalah link dari website kita yang mengarah ke website lain. Jika sebuah website memiliki outbound link yang berlebihan, maka hal ini bisa mengurangi kemungkinan ranking di Google, apalagi jika outbound link tersebut mengarah ke website yang bersifat spamming atau website yang berkualitas rendah.

Page Authority (PA) adalah sebuah hasil perhitungan metrik yang dikeluarkan oleh Moz untuk menilai seberapa baik sebuah halaman website. Perhitungan tersebut sangat erat kaitannya dengan peringkat website di halaman pencarian. Adapun yang menjadi indikator dari perhitungan metrik tersebut, yakni perhitungan link yang masuk, nilai MozRank, MozTrust, dan faktor-faktor lainnya.

PageRank (PR) adalah sistem scoring yang digunakan oleh Google untuk menilai popularitas sebuah website. Score yang digunakan adalah dari 0 – 10. Semakin tinggi score yang didapat, berarti semakin populer website tersebut. Biasanya, semakin tinggi PR sebuah website, maka akan semakin mudah website tersebut muncul di page 1 Google.

Passphrase adalah Kalimat yang menjadi kata sandi.

PBN (Private Blog Network) atau private blog network adalah sekumpulan blog/website milik sendiri yang tujuannya adalah memberi backlink ke blog utama, dalam upaya meningkatkan ranking blog tersebut pada Search Engine.

Penalty adalah sanksi yang diberikan oleh search engine untuk suatu halaman yang melanggar kebijakan mereka. Halaman  bisa saja mengalami penurunan ranking, atau bahkan di banned dari index mereka. Khusus Google, ada juga sanksi penurunan pagerank.

Penumpukan Kata Kunci adalah menaruh banyak kata kunci dalam satu halaman agar kata kuncinya dapat dicerna oleh Google Search Engine.

Permalink adalah URL yang ada setelah url homepage, misalnya https://www.infobaswara.com/istilah-seo.

PPC adalah singkatan dari Pay Per Click, yakni membayar kepada Publisher untuk setiap Iklan yang di klik user.

cara kerja seo
(img via urbangeekz.com)

PPM adalah singkatan dari Pay per Impression atau pay per million impression, artinya anda membayar setiap 1000 pengunjung halaman media (publisher) dimana gambar atau video anda terpampang atau terekspos. Umum digunakan di YouTube untuk setiap 1 juta penonton.

Reciprocal Link adalah pertukaran link yang dilakukan oleh dua buah website dimana fungsinya agar bisa mendapatkan traffic yang menguntungkan di antara kedua belah pihak.

Redirect 301 adalah teknik yang cukup sering digunakan oleh para penggiat SEO. Adapun maksud dari pemakaian teknik ini adalah untuk menjaga URL yang tengah di-optimasi tidak terkena penalti dari Google. Secara umum, Redirect 301 adalah mengalihkan secara permanen URL lama ke URL baru atau URL A ke URL B, dimana sekitar 90-99% link juice dari URL asal akan diarahkan ke URL baru.

Relevansi adalah tingkat relevan atau kesamaan sebuah situs yang ditentukan oleh Google sebagai penentu peringkat dalam Search Engine.

Responsive adalah Tampilan tema yang menyesuaikan desain situs dengan perangkat yang digunakan untuk membuka situs tersebut, misalnya suatu halaman yang berubah bentuk saat dibuka melalui browser handphone, sehingga mudah digunakan walau melalui perangkat handphone.

Rich Snippet adalah kutipan deskripsi yang dilengkapi beberapa informasi tambahan untuk membuat hasil pencarian terlihat lebih profesional.

Search Query adalah kata yang diketikkan ke dalam box pencarian Google.

Search Engine adalah Mesin pencari halaman website sesuai keinginan.

SEM (Search Engine Marketing) adalah teknik marketing yang dirancang untuk meningkatkan visibilitas website di Google dan mesin pencari lainnya seperti Yahoo!, Bing, Baidu, dll. SEM terdiri dari SEO (Search Engine Optimization), PPC (Pay Per Click) Advertising – Google Adwords, Yahoo Advertising, dan atau Bing Ads.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu suatu proses peningkatan kinerja halaman situs agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari yang akhirnya meningkatkan tingkat kunjungan website.

SEO Consultant (SC) adalah seseorang yang memahami seluk beluk dan strategi dunia Digital Marketing. Terkait SEO, SC adalah seorang pakar SEO yang sukses dan berpengalaman dalam bidang optimasi mesin pencari.

SEO friendly adalah suatu cara yang dilakukan agar konten dalam suatu situs web diutamakan dalam mesin pencari dan karenanya menaikkan traffic situs web tersebut.

SEO Report adalah laporan kinerja dan rank sebuah keyword yang telah dibidik dalam waktu yang lalu, baik dengan menggunakan tools dari Google, plugin khusus pada web, SEO checker, dll. SEO Report biasanya dibuat dan dilaporkan dalam kurun waktu tertentu oleh SEO specialist kepada pemilik web.

SEO Specialist adalah pakar SEO yang memiliki keahlian khusus dalam hubungannya dengan internet marketing. Tugasnya adalah mengoptimasi website agar dapat menaikkan ranking-nya sehingga muncul di halaman pertama Google saat seseorang mengetikkan sebuah keyword yang relevan dengan konten website tersebut. Yang bermakna sama dengan ini adalah SEO expert.

SERP (Search Engine Result Page) adalah halaman hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari. Semua blogger menginginkan blog mereka muncul di halaman pertama SERP, karena dengan posisi pertama, mereka bisa mendatangkan trafik lebih mudah.

SMO (Social Media Optimization ) adalah strategi promosi online yang dilakukan dengan mengoptimalkan tools dan platform social media.

SNIPPET adalah kutipan deskripsi dari halaman web yang ditayangkan di hasil pencarian.

Social Bookmark adalah sebuah website yang biasa digunakan untuk mengelola, menyimpan, serta membagikan URL yang dianggap penting. Dengan kata lain, situs yang memperbolehkan kita mem-publish dan mem-bookmark artikel kita.

Social Media Specialist adalah Seseorang yang melakukan posting konten di medsos dan engagement kepada viewer/user/follower dari waktu ke waktu. Apa yang dilakukannya merupakan plan dan strategi dari seorang Social Media Strategist.

Social Media Strategist adalah Seseorang yang merancang digital campaign dari sebuah brand/merk (dan atau website, app, dll) melalui kanal-kanal media sosial (medsos), dalam rangka menaikkan brand awareness, ranking pada mesin pencari, engagement, dan berujung pada konversi maksimal.

SPAM adalah sering juga disebut pesan sampah, yaitu pesan yang dikirimkan melalui media online yang biasanya berisi iklan, ajakan, ataupun digunakan untuk menipu serta dikirimkan dalam jumlah besar. SPAM adalah salah satu istilah dalam internet yang sangat populer.

Subscriber adalah Pelanggan dan atau penonton yang cenderung berinteraksi secara rutin dengan sebuah konten pada situs dan atau channel digital tertentu.

Surfing adalah Proses mengunjungi atau membuka halaman situs di internet.

Suspended adalah Tidak dapat dibukanya suatu halaman web atau web itu sendiri, atau bahkan ditutup. Bisa berdampak sementara ataupun permanen.

TAG adalah Penanda suatu konten online agar mudah dicari.

Title Tag adalah semacam judul dalam sebuah konten. Meletakkan title tag yang didalamnya mengandung keyword dalam sebuah konten, maka akan membantu mesin pencari dalam melacak konten tersebut. Hal ini dapat menaikkan peringkat konten itu dalam mesin pencari.

Trafik atau Traffic website adalah lalu lintas kunjungan visitor pada kurun waktu tertentu.

Update adalah Pembaruan isi suatu media online.

Upload adalah Mengirim data ke penyimpanan online, agar dapat dibuka secara online melalui jaringan internet.

User adalah kata dalam bahasa Inggris untuk Pengguna.

Webmaster adalah Seorang yang bertanggung jawab mengurus sebuah situs.

Website adalah Halaman situs yang terletak pada satu alamat unik atau berbeda antara satu dengan yang lainnya.

White Hat SEO adalah teknik SEO yang sesuai dengan aturan dari Google. Misalnya adalah membuat konten yang unik dan bermanfaat, mendapatkan link dari website yang relevan, tidak terlibat dalam jual beli link, dan membuat website yang bermanfaat bagi visitor.

Yoast SEO adalah salah satu plugin SEO paling populer di kalangan blogger. Plugin ini mempunyai banyak fitur yang berguna untuk memudahkan blogger mengatur beberapa fungsi blog WordPress self hosting, utamanya yang berkaitan dengan SEO.

Istilah SEO dan Artinya di atas semoga bermanfaat bagi kamu yang berniat menaikkan posisi halaman web kamu ke page 1 Google, dan atau bahkan berminat menjadi praktisi SEO yang handal sebagai profesi. Why not?

Sampai jumpa di page 1 Google…! [Calvyn Toar, SEO Specialist].

dari berbagai sumber

https://www.satulangkah.com

trader, digital marketer, SEO-SMO expert, content creator, web developer, ghostwriter, political marketing strategy | driven by heart | 0881 0244 23948 (WA only) "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, Anda bisa berubah untuk maju; Anda dapat lakukan apapun yang Anda mau, & menjadi apapun yang Anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)

Leave a Reply

*