6 Tips Membuat Password yang Aman dan Mudah Ingat

cara membuat password aman dan mudah ingat

Tips membuat password yang aman dan mudah ingat, ada cara jitunya. Tips jitu cara membuat password aman (password safe) ini harus kamu lakukan untuk mengamankan akun email, web dan media sosial (Instagram, Facebook, Twitter) milik kamu dari serangan peretas.

Adakah cara membuat password yang kuat (how to create a strong password? Inilah 6 Tips Membuat Password yang Aman dan Mudah Ingat, versi InfoBaswara:

tips membuat password yang aman dan mudah ingat adalah hindari password 123456789
hindari membuat password standard yang mudah ditebak

1. Buatlah Password Panjang dari Hal Favorit

Password yang paling banyak dipakai umumnya terdiri dari 6-8 karakter. Nah, kamu bisa membuatnya di atas 30 karakter. Sulit membuatnya? Tidak juga! Gunakanlah hal favorit yang kamu rangkai menjadi gabungan kata yang panjang. Misalnya:

Aku Hobi Mendaki Gunung Semeru di Jawa Timur, menjadi: AkuHobiMendakiGunungSemerudiJawaTimur

Huruf kapital di awal kata. Sengaja demikian, guna mempertebal keamanan password. Dengan password demikian, sulit bagi hacker untuk menembusnya. Akan semakin aman, jika rangkaian kata password tersebut lebih panjang lagi.

Kalimat favorit tersebut, tentu saja memenuhi kriteria untuk mudah diingat, karena hanya kamu yang mengetahuinya.

 

2. Buatlah Password Pertanyaan yang Berhubungan Sejarah Hidup

Sama seperti poin 1 di atas, password aman yang sulit ditembus hacker ini terdiri dari gabungan kata, hanya kali ini berbentuk pertanyaan, lengkap dengan jawabannya. Misalnya:

Siapakah Nama Guru Favoritku di SMA? Nur Cahya, menjadi: SiapakahNamaGuruFavoritkudiSMA?NurCahya

Tentu, hanya kamu yang mengetahui pertanyaan dan jawaban dari salah satu contoh password aman tersebut!

 

3. Buatlah Strong Password dengan Kombinasi Huruf dan Angka

ips Membuat Password yang Aman dan Mudah Ingat
ilustrasi (via halock.com)

Tips Membuat Password yang Aman dan Mudah Ingat adalah kombinasi huruf dan angka. Password model ini termasuk yang sangat sulit untuk diretas. Misalnya:

Juli 1991 Adalah Tahun Tamatku dari SMA di Jakarta, menjadi: 19AdalahTahun91TamatkudariSMAdiJakarta7

Penempatan angka yang menunjuk tahun, sengaja dipecah dan disisipkan di antara kata, dan diakhiri dengan konversi Juli menjadi angka 7, yang diposisikan di akhir password. Itu hanya sebuah contoh. Kamu bisa mengkreasikan model password tersebut sesuai dengan keinginan.

Kamu perlu sedikit trik guna mengingat password aman model di atas. Pertama, mengetik terlebih dahulu gabungan katanya, barulah menempatkan angka-angkanya. Dalam hal ini, mode tampilan password harus dapat dibaca, bukan dalam bentuk “x” atau “titik”. Jika mode tampilan tidak dalam mode terbaca, hapallah kapan angka dimasukkan di antara kata.

Awalnya, kamu akan sedikit kesulitan menggunakan password model tersebut, terutama penempatan angkanya. Namun, seiring waktu dan kebiasaan, kamu akan hapal pengetikkan password ini.

 

4. Buatlah Password Kuat dengan Kombinasi Huruf, Angka dan Karakter Khusus

Tips Membuat Password yang Aman dan Mudah Ingat untuk model ke-4 ini, mirip dengan poin 3 di atas, dengan sedikit variasi. Misalnya:

Desember 1997 Adalah Bulan dan Tahun Pernikahanku, menjadi: [email protected]#Tahun19Pernikahanku97$

Karakter khusus yang dipakai dalam password tersebut: ! @ # $. Ke-4 nya diletakkan di antara kata dan di akhir kata. Ke- 4 karakter khusus itu merupakan 4 karakter yang berada di posisi awal pada keyboard komputer PC/Laptop. Sedangkan pada keyboard handphone (qwerty), ke-4 karakter itu mudah kamu temukan. Tentu, kamu bisa menggunakan karakter khusus lain yang kamu suka.

Model password aman ini awalnya akan terlihat lebih rumit bagi kamu. Kalau kamu saja sudah terasa rumit, apalagi orang lain. Dengan kebiasaan mengetikkan password model ini, lama kelamaan kamu akan hapal betul dengan salah satu jenis strong password ini.

 

5. Buatlah Password Aman dengan Kombinasi Huruf, Angka dan Simbol Unik

Barangkali, inilah model password aman yang tak sekadar sulit dipecahkan hackers, tetapi juga unik. Misalnya:

Aku Tertawa dan Sedih dalam Hitungan Menit, menjadi: AkuTertawa:D:Ddan-_-SedihdalamHitungan:

Contoh simbol unik yang dipakai di atas: :D:D adalah simbol untuk “tertawa terbahak-bahak”, sedangkan -_- adalah simbol untuk “sedih”, dan simbol : (titik dua) adalah “melambangkan waktu”. Sekali lagi, kamu dapat memakai simbol unik kamu sendiri.

 

6. Buatlah Password Kuat dengan Kombinasi Huruf dan Rumus Matematika

ips Membuat Password yang Aman dan Mudah Ingat dengan rumus matematika
gambar ilustrasi

Membaca kata “matematika” mungkin membuat kamu langsung mengernyitkan dahi, karena sudah terbayang kesulitan di awal. Namun, password model ini tak sesulit yang dibayangkan.

Kamu dapat membuat password yang merupakan kombinasi huruf dan rumus matematika ciptaan kamu sendiri! Misalnya:

Aku Bersaudara 3 Orang Dua Perempuan dan Satu Laki-laki, menjadi: AkuBersaudara=3Orang(2P&+1L). Rumus matematika yang mudah bukan? Nah, kreasikanlah menurut rumus kamu sendiri!

Dengan membuat salah satu model password unik di atas, kamu akan terhindar dari peretasan. Atau, setidaknya butuh waktu bagi hacker manapun untuk memecahkan password tersebut.

Ke-6 Model Tips Membuat Password yang Aman dan Mudah Ingat di atas, dapat kamu kreasikan lagi menurut cara kamu sendiri. Yang penting, 2 prinsip dasarnya tetap ada, yakni: Menggunakan gabungan kata di atas 30 karakter, Terdapat kombinasi huruf kecil-besar, angka dan karakter/simbol khusus.

Sekadar tips, baiknya pakailah password berbeda untuk setiap akun, sehingga andai salah satu akun kamu berhasil diretas, akun yang lain tetap aman. Selain itu, jika kamu enggan mengetikkan password dengan karakter panjang seperti di atas, kamu dapat menggunakan cara copy dan paste.

Simpan password kamu di komputer melalui file yang tersimpan via Notepad atau Office Word, atau salah satu aplikasi yang ada pada handphone (Kontak, misalnya). Maka, jika password tersebut diperlukan, kamu tinggal mengcopy-nya, lalu paste-kan di box password yang hendak kamu buka. Tentu, file atau aplikasi yang tersimpan deretan password kamu itu harus aman, tidak boleh diketahui dan dibuka oleh orang lain. Untuk itu, hindari membuat nama file yang jelas untuk maksud password, seperti: Passwordku atau DaftarPassword. Gunakan nama yang ‘bertabrakan’, misalnya: tidakpenting atau sejarah lengkap perang dunia 2.

ips Membuat Password yang Aman dan Mudah Ingat
gambar ilustrasi

Tips mengamankan akun media sosial kamu yang terakhir, untuk Facebook (FB) khususnya, kamu dapat menggunakan Otentikasi dua faktor (Two-factor authentication). Dimana, setelah memasukkan alamat email dan password, FB akan meminta 6 digit angka otentikasi. Ke-6 digit angka tersebut akan otomatis dikirim FB ke handphone (HP) kamu.

Setelah kamu menerima 6 digit angka yang di-SMS ke HP, angka tersebut diketikkan pada box yang tersedia. Setelah itu, barulah akun FB kamu terbuka. Ini artinya, orang lain tidak dapat menembus akun FB kamu, tanpa menerima SMS dari FB, yang hanya dikirim ke nomor HP yang kamu daftarkan, sekalipun ia telah berhasil meretas password kamu. Terhadap hal ini, kamu dapat menyetelnya di bagian Pengaturan (settings) -> Keamanan dan Info Masuk -> Gunakan autentikasi dua-faktor. Pola autentikasi dua-faktor ini terdapat pula di email gratisan milik Google: Gmail. Aturlah di bagian Setelan -> Akun dan Impor -> Ubah opsi pemulihan sandi/Login & Keamanan -> Verifikasi 2 Langkah. Terkait sejumlah tips keamanan FB, akan saya ulas dalam artikel lain.

Semoga cara membuat password aman dan mudah ingat di atas, menginspirasi dan bermanfaat. Salam!

 

 

 

 

https://www.satulangkah.com

trader, digital marketer, SEO-SMO expert, content creator, web developer, ghostwriter, political marketing strategy | driven by heart | 0881 0244 23948 (WA only) "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, Anda bisa berubah untuk maju; Anda dapat lakukan apapun yang Anda mau, & menjadi apapun yang Anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)

Leave a Reply

*