Toyota Roomy dan Tank, Duo Minivan Anyar Toyota

mobil-toyota-terbaru-roomy-dan-tank

infoBaswara.com, Tokyo – Tanggal 9 November 2016, melalui situs resmi Toyota Global, diumumkan dirilisnya 2 mobil model Kei Car berwujud Minivan, yang diberi nama: Roomy dan Tank. Hebatnya, setelah rilis sebulan, Roomy telah dipesan sebanyak 18.300 unit, dan Tank dipesan 16.700 unit. Angka tersebut telah jauh melampaui target penjualan total keduanya, 7500 unit sebulan.

Melalui situs resminya, diperoleh informasi bahwa ke-2 mobil anyar Toyota ini memang didisain khusus untuk pasar domestik Jepang. Namun, jika melihat dari dua alasan: Harga dan Spek, maka besar kemungkinan Toyota Indonesia melirik Roomy dan Tank untuk dipasarkan juga di tanah air.

 

Toyota Roomy and Tank
via toyota-global.com

 

Dari segi harga, ke-2 mobil ini akan dibenderol dalam kisaran harga 1,4 – 2 juta Yen, atau sekitar Rp. 178 – 225 juta. Dari segi spesifikasi, duo Toyota ini sengaja dirancang sangat mudah untuk bermanuver, tak terkecuali di jalanan sempit, karena radius putarnya hanya 4,6meter saja. Kondisi kabin, duo minivan anyar Toyota ini hanya memiliki 2 baris kursi, dengan daya angkut 5 penumpang. Dengan demikian terdapat ruang yang cukup lega antar ke-2 baris kursi. Bagian bagasi pun cukup lega. Dan, hampir di seluruh bagian kabin, terdapat banyak ‘tempat penyimpanan’. Tampaknya itu dirancang untuk memudahkan para penumpangnya yang berkarakter super aktivitas, menyimpan sementara segala barangnya.

Toyota Roomy and Tank_2
via oto.com

 

Yang menarik lainnya, kursi mobil pun dapat direbahkan hingga 70 derajat, jadi nyaman difungsikan sebagai kasur, ketika ingin beristirahat sejenak setelah lelah berkendara. Roomy dan Tank menggunakan sistem pintu geser, guna memudahkan keluar-masuk penumpang.

 

Toyota Roomy and Tank_4
via paultan.org

 

Dari sisi keamanan pengendara, Roomy dan Tank diperkuat dengan sistem pencegah tabrakan yang disebut dengan Smart Assist II.

Soal mesin, Toyota menggunakan mesin 3-silinder. Tersedia dalam varian turbo (1KR-VET) dan Naturally Aspirated (1KR-FE). Dengan mesin 3-slinder turbo ini, cukup dengan 1.0 liternya sudah mampu mendorong tenaga sekelas mesin 1.5 liter, yakni 140 Nm. Hal ini berarti, terjadi perpaduan efisiensi dan power.

Singkat kata, Toyota Roomy dan Tank mengawinkan antara kepraktisan, fleksibilitas, efisiensi dan performa. [CT]

 


Lihat juga:

Mitsubishi XM Concept Perkawinan SUV dan MPV

 

 

Leave a Reply

*