Istilah dalam Internet dan Artinya

istilah penting dalam internet

Istilah dalam Internet dan Artinya ini terbilang yang paling lengkap yang pernah disusun. Namun, sebelum melihat ratusan istilah internet tersebut, tak ada salahnya menyimak terlebih dahulu sejarah ditemukannya internet berikut ini, supaya pemahaman tentang internet menjadi lebih komplit.

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET”(Advanced Research Project Agency Network) baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Sejak saat itu hingga kini, kemajuan internet sangat luar biasa. Maka, bermunculanlah istilah-istilah dalam internet yang bisa jadi telah akrab dengan kita kini, dan atau sejumlah di antaranya masih asing bagi kita.

Artikel ini merangkum Istilah-istilah dalam Internet lengkap dengan artinya. Istilah-istilah dalam Internet ini juga mencakup sejumlah istilah dalam Digital Marketing dan Istilah SEO.

Inilah Istilah-istilah dalam Internet lengkap dengan artinya:

ACCOUNT adalah sebuah data atau informasi dari seseorang yang biasanya terdiri dari username (nama pengguna) dan juga password (kata sandi) beserta beberapa keterangan tambahan lainnya.

ADMIN adalah berasal dari kata Administrator, yaitu seseorang yang mempunyai tingkatan tertinggi dalam suatu jaringan dan bertugas untuk mengatur jaringan tersebut.

ADSENSE adalah program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem Pay Per Click (ppc) atau bayar per klik.

ALGORITMA adalah suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan dituliskan secara matematis, yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer. Jadi berdasarkan definisi ini, dapat dikatakan algoritma merupakan langkah penyelesaian suatu masalah yang manghasilkan solusi dalam bentuk program komputer.

ANONYMOUS adalah “Tidak diketahui” atau “Bisa siapa saja”.

ARCHIVE adalah alat untuk melakukan peng-indeks-an arsip yang berada dalam FTP/File Transfer Protocol yang menjadikan seseorang dapat melakukan pencarian secara lebih spesifik.

ATTACHMENT adalah Proses menambahkan suatu file ke dalam pesan yang akan dikirim.

BACKLINKS adalah Tautan yang tidak tampak, yang mengarah pada suatu link atau tautan tertentu.

BANDWIDTH adalah Ukuran atau kemampuan suatu jaringan dalam memproses paket data yang dikirim, biasanya berhubungan dengan kapasitas dan kecepatan koneksi.

BANNED adalah Situasi dimana suatu akun atau individu terkena sangsi, atau di abaikan.

BLOG adalah Singkatan dari web log, yaitu halaman situs yang rutin memuat topik tertentu, serta memiliki urutan sesuai tanggal dan waktu pembuatan.  

BLOGGER adalah sebutan atau panggilan bagi seseorang yang membuat blog lalu kemudian mengelola, merawat, dan memoderasinya untuk tujuan tertentu.

BLOGGING adalah aktivitas seorang Blogger pada blog miliknya sendiri dan atau blog lain, berupa menulis konten, komentar, dll.

BANNER adalah Gambar informasi yang ditampilkan pada sebuah situs, biasanya berbentuk iklan.

BOOKMARKS adalah Penandaan suatu halaman situs yang disukai agar mudah dicari di kemudian hari, biasanya tersimpan pada browser.

BROADBAND adalah Jaringan internet dengan kecepatan tinggi.

BROWSER adalah Aplikasi untuk membuka atau menampilkan suatu halaman website.

BUFFERING adalah suatu kondisi saat aktivitas menonton video dan atau film terhenti, disebabkan oleh kecepatan internet yang lambat atau akibat paket internet yang habis.

BUG adalah Kesalahan pada aplikasi atau kode pemprograman pada aplikasi umum maupun aplikasi website.

CHAT adalah sebuah layanan internet yang memungkinkan pengguna untuk dapat saling berkomunikasi secara langsung satu sama lain, berbasis teks, gambar dan bahkan video call, tanpa adanya waktu tunggu/realtime.

CHATTING adalah istilah yang mengacu pada aktivitas Chat.

CAMPAIGN DIGITAL adalah upaya strategis, taktis dan terukur dari sebuah brand (bisa berupa merk digital, website, app, dll) untuk mencapai brand awareness dan atau kepopuleran di jagat maya yang kemudian berimbas pada dunia nyata.

CAPTCHA adalah Kode verifikasi berbentuk gambar untuk menghindari proses otomatisasi pada pengiriman pesan atau permintaan.

CC adalah sebuah singkatan pada email, yakni Carbon Copy atau salinan pesan untuk dikirim.

CGI/PERL adalah salah satu bahasa komputer yang digunakan untuk membuat suatu program interaktif dalam sebuah laman web. Bahasa ini dikembangkan oleh pengguna sistem operasi berbasis UNIX/Linux.

CLOSE TAB adalah aktivitas menutup tab yang terbuka pada sebuah web browser.

COOKIE adalah suatu informasi mengenai client dari komputer server yang kemudian disimpan ke komputer client itu sendiri.

COLLISSION adalah Suatu situasi dimana terjadi tabrakan antar paket data pada suatu jaringan, yang menyebabkan terjadinya kesalahan pada pengiriman data tersebut.

COLLOCATION SERVER adalah Jenis server, dimana server yang berasal dari satu pihak ditempatkan pada suatu tempat yang tidak berkaitan dengan pemilik server tersebut agar terus terhubung dengan jaringan internet. Server tersebut bagaikan penyewa rumah yang menyewakan sebuah rumah untuk jangka waktu tertentu.

COMMUNICATION PROTOCOL adalah sebuah bentuk komunikasi satu set dengan aturan standar tertentu yang sudah dirancang sehingga sesama komputer bisa saling berbagi informasi dan data dengan meminimalisir kesalahan yang kemungkinan akan terjadi.

CONNECT adalah terhubungnya sebuah komputer dan atau smartphone ke sebuah jaringan internet.

CPA adalah salah satu jenis Affiliate Marketing, dimana kita mempromosikan website vendor dengan imbalan sekian dollar untuk setiap action oleh pengunjung. Action bisa berupa memasukkan email, zip code, download software, dan lain-lain. Dalam CPA Marketing kita tidak perlu menjual apa pun, artinya untuk mendapatkan penghasilan pengunjung tidak perlu membeli apa pun. Cukup dengan ‘action’ seperti yang disebutkan di atas.

CPANEL adalah Berasal dari kata Control Panel, yaitu suatu aplikasi website untuk mengontrol penyimpanan data pada website tersebut, biasanya dibuka pada port 2082 atau 2083.

CRASH adalah Kesalahan atau kerusakan yang berakibat pada tidak bisa dibukanya suatu aplikasi.

CRAWL adalah Proses penjelajahan suatu halaman situs beserta kode yang ada di dalamnya, yang dilakukan oleh robot dari mesin pencari.

CRYPTOGRAPHY adalah suatu ilmu ataupun seni mengamankan pesan, dan dilakukan oleh cryptographer.

CSS merupakan singkatan dari Cascading Style Sheet, adalah aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS bukan merupakan bahasa pemograman.

CSS3 adalah Generasi terbaru dari CSS dengan tampilan yang lebih menarik.

CYBERLAW adalah sebuah aturan atau hukum yang berlaku di dunia internet.

DATABASE adalah Tempat penyimpanan seluruh data website.

DDOS adalah Singkatan dari Distributed Denial Of Service, yaitu proses pengiriman serangan untuk mengganggu kinerja sebuah website beserta tempat meletakkan server tersebut. Serangan yang umum dan sering dilakukan adalah dengan mengirim paket data secara besar – besaran dalam kurun waktu tertentu.

DEDICATED SERVER adalah Tempat meletakkan aplikasi online atau halaman website secara khusus, dimana server terpisah dari yang lain. Jadi seperti satu rumah khusus untuk satu orang saja.

DELAY adalah Keterlambatan paket data yang disebabkan rendahnya kecepatan atau gangguan.

DIAL UP adalah koneksi internet menggunakan jaringan telephone.

DIGITAL MARKETING atau kadang disebut pula dengan Internet Marketing adalah segala upaya untuk melakukan pemasaran suatu produk dan jasa melalui media internet. Pemasaran dalam internet marketing bukan hanya untuk meningkatkan penjualan, tapi juga termasuk promosi produk dan jasa baru, branding, dan membina hubungan dengan pelanggan.

DIGITAL MARKETING MANAGER/SPECIALIST adalah orang yang bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan pemasaran dan branding produknya secara digital (online), seperti Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing, Social Media, Content Marketing, Email Marketing, Video Marketing, dll.

DISCONNECT adalah suatu pematian peggunaan jaringan internet menggunakan USB(Modem).

DNS adalah singkatan dari Domain Name Service, yaitu sistem pemetaan alamat IP yang berupa angka ke alamat host atau domain yang berupa huruf, sehingga dapat lebih mudah diakses dengan nama yang mudah diingat, bukan dengan angka yang merupakan alamat sebenarnya.

DOMAIN adalah Alamat suatu halaman atau penanda khusus suatu alamat yang berbentuk rangkaian huruf yang mudah diingat.

DOWNLOAD adalah Proses atau tindakan mengambil data dari jaringan online internet.

DROPSHIP adalah Kegiatan menjual barang atau produk orang lain, tanpa harus bermodal atau stock barang.

EMAIL BLAST adalah istilah yang digunakan untuk aktivitas mengirimkan email kepada banyak penerima pada waktu bersamaan. Istilah ini sebangun arti dengan Email Broadcast.

istilah penting dalam internet
(img via hickamsdictum.com)

EMAIL MARKETING adalah email berkonten promo produk yang tidak terkesan memaksa yang dikirim dalam kurun waktu tertentu berdasarkan list email pelanggan (subscriber). Cara ini terbilang efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan dan mengarahkan mereka menjadi pelanggan loyal.

ENCRYPTION adalah proses membuat sandi atau mengacak data untuk menyelubungi pesan yang sesungguhnya dari orang-orang yang tidak mempunyai kunci khusus untuk membaca pesan tersebut.

E-PAYMENT adalah sistem pembayaran yang menggunakan fasilitas internet sebagai sarana perantara.

FB Ads atau Facebook Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu Fan Page yang sebelumnya sudah dibuat oleh pengguna Facebook dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan tersebut.

E-Book adalah singkatan dari Buku Elektronik, atau disebut pula dengan buku digital, yakni versi elektronik dari sebuah buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar.

E-COMMERCE adalah Suatu sistem pemasaran melalui media internet, ibaratnya toko yang dibuka di internet dan dapat diakses dari seluruh dunia.

FOLLOW adalah aktifitas mengikuti seseorang platform media sosial, seperti twitter, instagram, dll.

FREEWARE adalah Aplikasi gratis yang dapat digunakan tanpa harus membeli aplikasi tersebut.

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol, yaitu sistem pengaturan data antara komputer server dengan komputer klien.

HACKER adalah Seseorang yang ahli dalam bidang IT, khususnya dalam jaringan yang mampu meretas sebuah situs dan atau aplikasi.

HOME adalah Halaman awal sebuah website atau blog.

HOMEPAGE adalah Halaman awal atau halaman depan sebuah website atau blog.

HOSTING adalah Tempat penyimpanan data sebuah website pada suatu komputer yang terhubung dengan jaringan internet selama 24 jam, sehingga dapat di buka secara online.

HTML5 adalah Generasi terbaru dari HTML dengan ciri khas tampilan yang lebih sederhana tetapi enak dilihat serta elegan atau mewah.

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language, yaitu bahasa pemprograman untuk membentuk suatu halaman situs.

HTTP adalah singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol, yaitu suatu protokol atau penghubung antara server dan web sehingga halaman situs dapat dibuka.

GOOGLE AdWords adalah platform periklanan dari Google dimana kita dapat mengatur iklan bisnis kita. Disini kita bisa mengatur tempat penempatan iklan di Google Search atau jaringan Google, lokasi target pasar, bahasa, dsb.

GROWTH HACKING adalah teknik pemasaran yang dikembangkan oleh perusahaan di bidang teknologi yang menggunakan kreativitas, berpikir analitis, dan metrik sosial untuk menjual produk dan mendapatkan eksposur. Hal ini menjadikan growth hacking sebuah bagian dalam ekosistem pemasaran online. Seperti yang telah terlihat dan teruji bahwa GROWTH HACKER (Orang yang ahli dan menggunakan strategi growth hacking) sangat pandai dan ahli dalam menggunakan teknik seperti optimasi mesin pencari (SEO), menganalisa website, pembuatan konten marketing dan pengujian A/B.

INTERFACE adalah Tampilan desain sebuah halaman situs.

INTERFERENCE adalah Gangguan pada lalu lintas paket data secara online.

INTERNET FILTERING adalah Proses pembatasan alamat situs yang dapat dibuka pada penyedia layanan internet.

INTERNET SERVICE PROVIDER adalah Penyedia jasa layanan internet.

IoT adalah singkatan dari Internet of Things, yaitu suatu konsep dimana objek tertentu punya kemampuan untuk mentransfer data lewat jaringan tanpa memerlukan adanya interaksi dari manusia ke manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer.

Simak pula: 251 Nama Domain di Dunia

IP adalah singkatan dari Internet Protocol, yaitu protokol di jaringan internet yang mengurus proses pengalamatan dan pengiriman paket data sehingga sampai pada tujuan; Di samping kata online, ini adalah istilah dalam internet yang paling populer.

KEYWORD adalah Kata kunci untuk menjelaskan isi suatu halaman situs agar dapat dicari.

LAG adalah Proses keterlambatan sampainya suatu sinyal internet.

LICENSE adalah Hak kepemilikan.

LINK adalah Alamat atau tautan suatu situs.

LOAD adalah Proses mengambil isi suatu halaman situs.

LOGIN/LOG ON adalah Proses masuk ke dalam suatu situs atau jaringan.

LOGOUT/LOG OFF adalah Proses keluar dari suatu situs atau jaringan.

MAILING LIST adalah Fasilitas berkirim surat pada suatu situs, dimana jika telah mendaftarkan diri sebagai peserta, maka akan secara otomatis mendapatkan pesan dari anggota lain yang mengirim pesan email ke mailing list tersebut.

MALWARE adalah Aplikasi yang berpotensi membahayakan jika dibuka, dan biasanya diselipkan dalam suatu aplikasi/program.

Baca pula: Istilah SEO dan Artinya

MONETIZE adalah Suatu tindakan mengkomersilkan suatu konten online, sehingga dapat menghasilkan uang.

NAMESERVER adalah Nama atau alamat server untuk menghubungkan antara domain dan hosting.

NETWORK adalah Suatu jaringan yang terdiri dari lebih dari satu komputer atau perangkat, dimana terdapat perangkat yang bertindak sebagai server serta ada juga yang sebagai klien atau pemakai.

istilah internet
(img via internetofbusiness.com)

NEWBIE adalah Istilah untuk pemula dalam dunia internet.

NETWORK NOISE adalah Gangguan pada pengiriman paket data.

OFFLINE adalah Tidak terhubung dengan jaringan internet.

ONLINE adalah Terhubung dengan jaringan internet. Bisa dibilang, inilah salah satu istilah dalam internet yang paling populer sejak dulu.

PAGERANK adalah Ranking atau tingkatan sebuah alamat situs.

PASSPHRASE adalah Kalimat yang menjadi kata sandi.

PASSWORD adalah Kata sandi khusus untuk masuk ke dalam suatu situs ataupun jaringan.

PAYMENT GATEWAY adalah gerbang atau medium transaksi yang disediakan oleh sebuah layanan aplikasi e-commerce yang bisa memberi otorisasi pemrosesan kartu kredit maupun pembayaran langsung bagi kliennya dalam aktivitas bisnis elektronik/online.

PHISING adalah Website palsu untuk melakukan penipuan maupun pencurian data.

POP adalah singkatan dari Post Office Protocol, yaitu protokol yang digunakan untuk mengambil atau menerima sebuah email.

PPC adalah singkatan dari Pay Per Click, yakni membayar kepada Publisher untuk setiap Iklan yang di klik user.

PPM adalah singkatan dari Pay per Impression atau pay per million impression, artinya anda membayar setiap 1000 pengunjung halaman media (publisher) dimana gambar atau video anda terpampang atau terekspos. Umum digunakan di YouTube untuk setiap 1 juta penonton.

PREVIEW adalah Contoh tampilan.

RESELLER adalah Penjualan kembali pada tangan kedua, seperti makelar atau perantara pada produk online. Penjual tidak memerlukan modal besar, bahkan tanpa modal, kecuali biaya kuota internet. Resseler adalah salah satu bentuk bisnis tanpa modal di internet.

RESPONSIVE adalah Tampilan tema yang menyesuaikan desain situs dengan perangkat yang digunakan untuk membuka situs tersebut, misalnya suatu halaman yang berubah bentuk saat dibuka melalui browser handphone, sehingga mudah digunakan walau melalui perangkat handphone.

RDP adalah singkatan dari Remote Desktop Protocol, yaitu suatu protokol yang memungkinkan kita untuk menggunakan suatu komputer server secara online seperti menggunakan komputer sendiri. Protokol ini tersedia pada sistem Windows.

SCAMPAGE adalah Halaman situs jebakan yang digunakan untuk menipu atau mengumpulkan data penting pengunjungnya, seperti alamat email, password, rekening, ataupun data kartu kredit.

SEM adalah teknik marketing yang dirancang untuk meningkatkan visibilitas website di Google dan mesin pencari lainnya seperti Yahoo!, Bing, Baidu, dll. SEM terdiri dari SEO (Search Engine Optimization), PPC (Pay Per Click) Advertising – Google Adwords, Yahoo Advertising, dan atau Bing Ads.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu suatu proses peningkatan kinerja halaman situs agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari yang akhirnya meningkatkan tingkat kunjungan website.

SEO CONSULTANT (SC) adalah seseorang yang memahami seluk beluk dan strategi dunia Digital Marketing. Terkait SEO, SC adalah seorang pakar SEO yang sukses dan berpengalaman dalam bidang optimasi mesin pencari.

SEO SPECIALIST adalah pakar SEO yang memiliki keahlian khusus dalam hubungannya dengan internet marketing. Tugasnya adalah mengoptimasi website agar dapat menaikkan ranking-nya sehingga muncul di halaman pertama Google saat seseorang mengetikkan sebuah keyword yang relevan dengan konten website tersebut. Yang bermakna sama dengan ini adalah SEO expert.

SEARCH ENGINE adalah Mesin pencari halaman website sesuai keinginan.

SERVER adalah Komputer induk yang mengatur lalu lintas jaringan secara online ataupun penyimpanan data secara online selama 24 jam nonstop.

SHARE/SHARING adalah Berbagi atau dibagikan antara beberapa pemakai.

SHAREWARE adalah Aplikasi yang bebas untuk di download, tetapi memiliki jangka waktu pemakaian, setelah jangka waktu pemakaian habis, jika ingin terus menggunakan aplikasi tersebut harus dibeli.

SMO adalah singakatan dari Social Media Optimization, yaitu strategi promosi online yang dilakukan dengan mengoptimalkan tools dan platform social media.

SMTP adalah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol, yaitu protokol yang mengurus proses pengiriman email.

SOCIAL MEDIA SPECIALIST adalah Seseorang yang melakukan posting konten di medsos dan engagement kepada viewer/user/follower dari waktu ke waktu. Apa yang dilakukannya merupakan plan dan strategi dari seorang Social Media Strategist.

SOCIAL MEDIA STRATEGIST adalah Seseorang yang merancang digital campaign dari sebuah brand/merk (dan atau website, app, dll) melalui kanal-kanal media sosial (medsos), dalam rangka menaikkan brand awareness, ranking pada mesin pencari, engagement, dan berujung pada konversi maksimal.

SPAM adalah sering juga disebut pesan sampah, yaitu pesan yang dikirimkan melalui media online yang biasanya berisi iklan, ajakan, ataupun digunakan untuk menipu serta dikirimkan dalam jumlah besar. SPAM adalah salah satu istilah dalam internet yang sangat populer.

SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer, yaitu suatu metode pengacakan data pada web server untuk melindungi data dari pembajakan atau penyusupan.

STREAMING adalah Proses membuka media secara online, biasanya berkaitan dengan media video dan audio.

SUBSCRIBER adalah Pelanggan dan atau penonton yang cenderung berinteraksi secara rutin dengan sebuah konten pada situs dan atau channel digital tertentu.

SURFING adalah Proses mengunjungi atau membuka halaman situs di internet.

SUSPENDED adalah Tidak dapat dibuka, atau ditutup. Bisa berdampak sementara ataupun permanen.

TTL adalah singkatan dari Time To Live, yaitu suatu bagian pada IP yang menentukan lama penyimpanan data sebelum dihapus.

TLD adalah singkatan dari Top Level Domain, yaitu nama domain yang berada di tingkatan atas, terdiri dari dua bagian, yaitu yang terdiri dari dua huruf dan yang terdiri dari tiga huruf.

TOKEN adalah Suatu pengendali pada media transmisi data agar dapat dibuka.

TAG adalah Penanda suatu konten online agar mudah dicari.

TIME OUT adalah Suatu situasi dimana waktu tunggu sinyal internet yang telah ditentukan oleh penerima data telah habis dan lewat, sehingga sinyal data diputus oleh jaringan.

TRAFFIC adalah Lalu lintas jaringan.

Simak pula: 7 Bisnis Tanpa Modal via Internet

UPDATE adalah Pembaruan isi suatu media online.

UPLOAD adalah Mengirim data ke penyimpanan online, agar dapat dibuka secara online melalui jaringan internet.

USER adalah kata dalam bahasa Inggris untuk Pengguna.

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server, yaitu sebuah server yang telah dibagi-bagi ke dalam beberapa server virtual yang memiliki spesifikasi berbeda pada tiap server, seperti sistem operasi, kapasitas ram, kapasitas penyimpanan data, kuota bandwith pada tiap server virtual tersebut.

WEB VULNERABLE adalah Celah keamanan pada sebuah situs yang dapat menyebabkan situs dimasuki penyusup.

WEBMASTER adalah Seorang yang bertanggung jawab mengurus sebuah situs.

WAP adalah singkatan dari Wireless Application Protocol, yaitu protokol yang memungkinkan sebuah website dapat dibuka pada handphone.

WATERMARK adalah Gambar atau tulisan yang tercetak samar pada suatu konten online sebagai penanda pemilik konten tersebut.

WEBSITE adalah Halaman situs yang terletak pada satu alamat unik atau berbeda antara satu dengan yang lainnya.

WHM adalah singkatan dari Website Hosting Manager, yaitu suatu halaman pengaturan khusus pada penyedia jasa website hosting dimana proses pendaftaran nama domain serta pembuatan akun hosting dapat dilakukan pada panel ini. Halaman ini secara umum dapat dibuka pada port 2086 atau port 2087.

WHOIS adalah Aplikasi pada halaman situs untuk mengetahui detail kepemilikan sebuah alamat atau nama domain.

WIDGET adalah Aplikasi tambahan pada sebuah website atau blog.

WIRELESS adalah salah satu istilah dalam internet yang populer, yakni Proses pengiriman sinyal data tanpa menggunakan kabel.

WWW adalah singkatan dari World Wide Web, yaitu suatu kumpulan halaman situs di internet yang membentuk suatu kesatuan. WWW bukan sekadar akronim, ia adalah istilah dalam internet yang sangat populer.

Demikianlah, istilah-istilah internet dan artinya yang akan terus di-update guna menjadi semakin lengkap, bak kamus internet. Semoga bermanfaat. [calvyn toar].

dari berbagai sumber

https://www.satulangkah.com

trader, digital marketer, SEO-SMO expert, content creator, web developer, ghostwriter, political marketing strategy | driven by heart | 0881 0244 23948 (WA only) "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, Anda bisa berubah untuk maju; Anda dapat lakukan apapun yang Anda mau, & menjadi apapun yang Anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)

Leave a Reply

*