5 Langkah Sebelum Tes Kecepatan Internet

5 Langkah Sebelum Tes Kecepatan Internet

5 Langkah Sebelum Tes Kecepatan Internet – Barangkali Anda sudah menggunakan teknologi fiber optic pada internet di rumah. Teknologi fiber optic katanya mampu mentransfer data hingga 100 Mbps, jauh lebih cepat dibandingkan jaringan kabel koaksial atau kabel tembaga. Faktanya, speed internet di rumah Anda terasa tak jauh beda dengan sebelumnya. Apa yang harus Anda lakukan?

Pengujian test speed internet adalah jawabannya! Namun, sebelum melakukan tes kecepatan internet dengan memakai salah satu jasa website speedtest, sebaiknya melakukan beberapa hal berikut terlebih dahulu untuk hasil maksimal.

Inilah 5 Langkah Sebelum Tes Kecepatan Internet untuk hasil akurat:

1. Restart Komputer

restart komputer anda

Segala problem komputer kerapkali teratasi setelah melakukan restart. Cara ini sangat mudah dilakukan sendiri ketika komputer mengalami keadaan tak biasanya: terasa lambat dan atau hang.

Jadi, restart komputer Anda sebelum melakukan tes speed internet!

2. Restart Modem dan Router

restart modem dan router anda_

Sebagaimana yang disampaikan di atas, segala problem komputer kerapkali teratasi setelah melakukan restart. Lakukan hal yang sama terhadap Modem dan Router, sebelum melakukan pengujian kecepatan internet.

Ada sejumlah sebab yang mengakibatkan lambatnya akses internet, Modem dan Router adalah salah satu penyebab itu. Maka, dengan me-restart (reset) Modem dan Router, masalah kelambatan berselancar biasanya teratasi.

 

3. Tidak Menggunakan Internet

tutup windows sebelum test speed internet

Kecuali website penguji kecepatan internet, tutup semua Windows/tabs yang terbuka! Begitu pula dengan smartphone yang masih terhubung via Wi-Fi di rumah Anda, harus di-off-kan terlebih dahulu sebelum melakukan pengujian.

 

4. Hapus Cache

hapus cache sebelum uji kecepatan internet

Untuk hasil tes speed yang akurat, menghapus cache pada history browser, itu kudu dilakukan. Langkah ini bisa diabaikan apabila pengujian speed internet tidak menggunakan browser, seperti memakai cara CMD (Command Prompt atau DOS Prompt), yakni sebuah command line (baris perintah) pada Windows, dan atau menggunkan aplikasi Speedtest-cli. Aplikasi ini bisa didonlot di:  https://raw.github.com/sivel/speedtest-cli/master/speedtest_cli.py.

 

5. Gunakan Website Speedtest yang No Flash or Java

gunakan website speedtest no flash and java

Website berbasis Flash dan Java semakin ditinggalkan. Menyadari hal itu, raksasa perangkat lunak yang bergerak di bidang grafis, animasi, video, dan pengembangan web: Adobe, berencana menghentikan support untuk Flash pada 2020.

Langkah Adobe Systems itu tepat, karena teknologi yang saat ini digunakan di internet (website) berbasis HTML5. Platform HTML5 terbukti lebih ringan dan lebih cepat dalam urusan akses internet.

Terkait itu, pengujian kecepatan internet via Speedtest.net dan Speakeasy, tidak dianjurkan karena masih menggunakan Flash.

5 Langkah Sebelum Tes Kecepatan Internet menggunakan website speedtest tersebut sebaiknya dilakukan untuk hasil akurat kecepatan internet Anda.

 

 

 

https://www.satulangkah.com

trader, digital marketer, SEO-SMO expert, content creator, web developer, ghostwriter, political marketing strategy | driven by heart | 0881 0244 23948 (WA only) "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, Anda bisa berubah untuk maju; Anda dapat lakukan apapun yang Anda mau, & menjadi apapun yang Anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)

Leave a Reply

*