22 Tips Liburan Hemat yang Menyenangkan

tips liburan hemat yang sebaiknya anda tahu

Tips Liburan Hemat akan berguna bagi kamu sebagai informasi awal sebelum menuju ke lokasi wisata yang didambakan. Dengan mengikuti tips liburan irit ini, kamu akan terhindar dari liburan boros yang tidak perlu.

Liburan bukan soal apa yang dibeli, tetapi seberapa banyak spot wisata yang dijangkau. Untuk menjangkau sebanyak mungkin spot menarik di lokasi wisata yang dituju dalam waktu terbatas, idealnya membutuhkan banyak biaya. Tetapi, dengan perhitungan yang tepat dan bijak, kamu dapat menjangkau banyak spot wisata dengan hemat biaya. Dalam kaitan itulah, artikel tips liburan hemat ini menjadi penting!

Inilah 20 Tips Liburan Hemat yang Wajib Traveler Tahu, yang dihimpun infobaswara dari berbagai sumber:  

 

1. Riset, Riset dan Riset!

riset adalah salah satu tips liburan hemat
riset adalah salah satu tips liburan hemat (via lastminute.com)

Ya, langkah pertama yang harus dilakukan untuk berlibur hemat tapi tetap menyenangkan adalah Riset.

Beruntung, karena sekarang ini kita hidup di zaman teknologi internet. Apapun informasi yang diinginkan, hampir pasti dapat ditemukan di internet; Lokasi tempat wisata menarik dengan segala informasi terkait, lengkap diulas di berbagai situs wisata. Bacalah semua info tersebut sebelum memutuskan ke mana kamu akan berwisata.

 

2. Cermat dan Cerdas Memilih

Cermat dan cerdaslah dalam memilih tujuan wisata. Tujuan wisata di luar negeri belum tentu lebih bagus, unik dan semenarik objek wisata dalam negeri. Hindari ke luar negeri lantaran sekadar gengsi. Untuk apa bergengsi tapi menggerus keuangan? Berlibur mestinya menyenangkan sekaligus memulihkan pikiran dan raga, bukannya berakhir dengan kesulitan keuangan, lelah dan stres kemudian.

Objek wisata Indonesia itu banyak yang luar biasa. Dan objek wisata itu malah menjadi impian dan tujuan utama orang asing untuk berlibur; Bali, Lombok, Bunaken-Manado, dan Kota Tua Jakarta misalnya, merupakan sebagian kecil tujuan wisata nusantara yang berkelas dunia, dan dijamin tak akan mengecewakan kamu sekeluarga. Di samping itu, biaya yang dikeluarkan juga jauh lebih murah ketimbang ke luar negeri. Bahkan, bisa jadi lebih murah dari harga normal, asalkan kamu tahu caranya. Dan artikel tips liburan hemat ini dapat menjadi panduan awal.

 

3. Sesuaikan dengan Budget

Berliburlah dengan budget yang ada. Pos-kan budget yang ada untuk keperluan tiket, transportasi, penginapan, kuliner, dan oleh-oleh. Dari total budget, tambahkanlah 20% hingga 30% untuk mengantisipasi “biaya tidak terduga” yang mungkin muncul selama berwisata.   

 

4. Diskusikan dengan Keluarga

Jika kamu belum berkeluarga, tentu tak perlu waktu lama untuk memutuskan ke mana kamu akan pergi. Beda halnya dengan yang sudah berkeluarga. Diskusi bersama anggota keluarga, wajib itu! Samakan persepsi, bahwa kamu ingin menjangkau sebanyak mungkin spot wisata dengan biaya yang murah, tapi tetap harus menyenangkan.

diskusi dengan keluarga adalah salah satu tips liburan hemat
(via europa.eu)

Jika kebetulan kamu sebagai kepala keluarga, sampaikanlah kepada semua anggota keluarga beberapa sample tujuan wisata yang kamu suka dan telah diriset sebelumnya via internet. Katakan, bahwa semua itu merupakan tempat wisata yang bagus dan dapat dikunjungi dengan budget yang ada. Penyamaan persepsi dan tujuan ini penting demi kesenangan bersama.

 

5. Buatlah Itinerary

Apa itu Itinerary? Itinerary adalah rencana perjalanan dan kegiatan wisata yang disusun secara kronologis, lengkap dengan informasi pendukung, seperti: Lokasi, moda transportasi, durasi, apa yang akan dilakukan di situ, kuliner dan biaya yang dibutuhkan.

Perjalanan wisata yang terencana dan terancang dengan detil adalah 50% keberhasilan sebuah wisata. So, buatlah itinerary versi kamu ya! Aktivitas membuat itinerary itu akan semakin seru jika kamu melibatkan keluarga atau pasangan kamu.

6. Tiket Pesawat dan Akomodasi Promo & Pesan Jauh Hari

Jika tujuan wisata sudah disepakati, segeralah tentukan pada saat mana akan berkunjung ke sana. Setelah itu, segeralah memburu harga tiket termurah jauh-jauh hari. Carilah tiket promo di berbagai maskapai.

Tiket pesawat promo selalu ada, tinggal bergantung kamu untuk sabar mencari dan memantau pergerakan harganya via situs Online Travel Agency (OTA). Demikian pula dengan akomodasi. Kamu dapat mencari harga termurah dan bisa langsung membayar di muka. Biasanya kamu akan mendapatkan harga miring jika itu dilakukan jauh hari.

 

7. Pesawat Bukan Moda Satu-satunya

Menggunakan moda transpotasi pesawat memang lebih cepat sampai di tempat tujuan wisata, tetapi berhitunglah dengan waktu yang tersedia. Apabila waktu yang ada tidak mepet, kenapa tidak menggunakan moda kendaraan pribadi? Capek sudah pasti, karena kamu harus menyetir sendiri, tetapi jika biayanya jauh lebih murah, kenapa tidak!

Perjalanan via darat itu juga bagian dari liburan yang menyenangkan sekaligus murah. Murah, karena kamu sekeluarga dapat berhenti suka-suka di lokasi sepanjang jalan yang mungkin menarik, untuk sekadar berfoto dan menikmati suasananya. Jika sudah begitu, keletihan kamu akan terbayar lunas.

Kereta dan bus adalah alternatif moda transportasi yang terbilang murah untuk wisata hemat. Harga tiket kereta dan bus relatif lebih murah ketimbang tiket pesawat. Jika liburan itu berada di Pulau Jawa misalnya, kenyamanan kereta ber-AC dan bus antar kota-nya terbilang bagus dan memuaskan. Itu patut menjadi pilihan.

 

8. Berangkat Bukan Akhir Pekan

berangkatlah wisata saat bukan weekend tips liburan hemat
(via scmp.com)

Berangkat ke tempat liburan hemat sebaiknya bukan pada saat akhir pekan (weekend). Hal ini akan sangat berpengaruh jika kamu menggunakan mobil sendiri dan bus antar kota. Berangkat weekday selain lebih murah biaya, juga lebih lancar (tidak terjebak macet).

 

9. Tidak Memakai Paket Wisata

Menggunakan paket wisata itu bagus, karena kamu tinggal tahu datang ke bandara, dijemput, dibawa ke hotel, dan siap mengikuti jadwal ke lokasi wisata. Singkatnya, kamu tinggal tahu duduk dan menikmati. Hanya saja, dengan paket wisata, kamu akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi dengan durasi yang terbatas. Kamu tidak bisa bebas dan leluasa berlama-lama di satu lokasi, karena semuanya sudah diatur dengan ketat.

Jadi, pertimbangkan betul apakah harus menggunakan paket wisata dengan budget yang kamu punya, dan mengorbankan kenikmatan berwisata.

 

10. Berlibur di Bukan Musim Berlibur  

Berlibur di musim liburan memang seru. Seru, karena pasti ramai. Kamu akan bertemu banyak wisatawan dari manapun. Tapi, apakah keseruan keramaian yang kamu cari? Mungkin iya, tetapi pasti itu bukanlah prioritas utama.

Salah satu tips liburan hemat itu adalah berlibur di bukan musim berlibur (pertengahan dan akhir tahun). Karena hampir pasti tiket menuju ke tempat yang kamu inginkan itu tidak mahal seperti pada musim liburan (peak season). Jumlah pengunjung pun tidak banyak, maka kamu dapat lebih menikmati lokasi wisata tersebut dengan leluasa, dan sudah pasti lebih nyaman.

 

11. Temukan Akomodasi Murah, Bagus & Gratis

Menemukan akomodasi yang murah sekaligus bagus memang bukan perkara mudah. Tapi dengan internet, setidaknya kamu bisa menemukan 75% jawabannya. Tidak 100% karena bisa jadi apa yang terlihat di internet tidak sesuai kenyataan. Maka, kendatipun kamu sudah melihat foto penginapan/hotel tersebut, dan membaca review berbagai pengunjung yang pernah ke situ. Sebab, sesuatu yang murah tak selalu 100% bagus dan nyaman. Dengan pemahaman seperti itu, kamu dan keluarga tidak harus menjadi kecewa, dan akhirnya merusak atmosfir kebahagiaan yang mestinya terjaga selama liburan.

Bila beruntung, di hari yang bukan musim liburan, kamu bisa jadi mendapatkan penawaran khusus, seperti gratis makan malam, gratis Spa, dll.

 

12. Transportasi Umum vs Sewa Mobil

Menyewa mobil untuk berkeliling kota (city tour) di lokasi wisata yang dituju memang akan mengefisienkan waktu dan lebih nyaman pastinya untuk segera tiba di tempat-tempat menarik, tetapi dalam rangka hemat, hal ini harus kamu pertimbangkan ya…

Sedangkan dengan menggunakan kendaraan umum (angkot ) yang berseliweran di kota tersebut, kamu bukan sekadar menghemat, tetapi mendapatkan pengalaman seru. Seru, karena kamu akan membaur dengan warga lokal. Menyerap ekspresi dan keberadaan mereka. Selain itu, ketika turun dari angkot, kamu dapat bebas menikmati kondisi kota. Menjelajahinya suka-suka kemana dan bebas mengatur waktu; Tidak stress terikat dengan durasi sewa mobil yang ketat.

berjalan kaki di sekitar spot wisata merupakan salah satu tips liburan hemat
berjalan kaki di sekitar spot wisata merupakan salah satu tips liburan hemat (via yoursydneyguide.com.au)

Dengan menggunakan transportasi umum, kamu akan banyak berjalan kaki menuju ke beberapa spot wisata yang berdekatan. Selain tidak menguras biaya, dengan berjalan kaki santai, kamu dapat leluasa memotret spot-spot bagus dan menikmati suasana kota lebih dekat. Ini merupakan salah satu tips liburan hemat yang menyenangkan.

 

13. Bawalah Peta

gunakan peta tujuan wisata sebagai salah satu tips liburan hemat
(via pbs.org)

Membawa peta (map) daerah wisata yang akan kamu tuju adalah keniscayaan. Lebih bagus lagi membawa peta khusus wisata yang menampilkan spot-spot wisata di daerah itu, lengkap dengan keterangan keunikan dan jarak tempuhnya. Dengan peta wisata itu, kamu dapat menentukan sendiri, dari mana dan kemana selanjutnya kamu akan menuju.

 

14. Bawa Keperluan Dasar

Keperluan dasar seperti air minum (mineral), dan makanan lebih baik kamu bawa sendiri dari rumah. Apalagi jika kamu menggunakan pesawat. Setiba di bandara, dan kamu terasa lapar, makanan yang dibawa sendiri itu akan bermanfaat. Ingat, makanan di bandara itu mahal.

Begitu pula dengan minuman. Botol minuman itu dapat kamu isi dengan air yang diperoleh di hotel atau di rumah makan. Kalau kamu berwisata di daerah selain Jakarta, biasanya masih banyak terdapat rumah makan yang memberikan kebebasan air minum, tanpa dihitung sebagai biaya. Pada saat itulah kamu dapat mengisi ulang botol minuman kamu. Praktis dan hemat bukan?

 

15. Beli Keperluan Dasar di Minimarket

Apabila botol air minum kamu tidak bisa refill di rumah makan, dan karena itu harus membelinya, maka belilah di warung sekitar yang ada, atau minimarket yang mudah dijumpai dalam kota. Hindari membeli keperluan itu di hotel dan lokasi wisata, karena harga barang tersebut pasti lebih mahal sekian kali lipat.

 

16. Carilah Makanan Khas

Semakin afdol traveling kamu kalau sempat mencicipi makanan khas daerah wisata tersebut. Nah, pintarlah menemukan makanan khas yang bukan dijual di restoran yang harganya lebih mahal.

Makanan khas mudah ditemukan di daerah wisata. Dalam hal ini, kamu harus bertanya dengan bahasa santun kepada warga lokal yang kamu jumpai, dimana warung makan yang menjual makanan khas tersebut dengan rasa enak dan murah.

 

17. Kuasai Sedikit Bahasa Lokal

Hal ini kadang luput dari perhatian. Menguasai sedikit bahasa lokal, lebih baik ketimbang tidak. Dengan menguasai bahasa lokal, kamu akan diterima hangat oleh warga lokal. Umumnya di manapun, orang senang ketika budaya dan bahasa daerahnya dihargai oleh orang asing.

berbicara bahasa lokal adalah salah satu tips wisata hemat
(via iamryshel.com)

Perihal bahasa daerah (di Indonesia), cukup tersedia informasinya di banyak situs. Temukan dan pelajarilah selama dalam pesawat atau ketika berada di moda transportasi lain yang kamu tumpangi.

 

18. Utamakan Tujuan Wisata Utama

Sedari awal rencana, kamu sudah harus memastikan objek wisata mana yang utama, yang tidak boleh tidak dikunjungi. Spot wisata itulah yang mestinya kamu kunjungi dan nikmati di hari pertama, atau setidaknya di hari kedua. Setelah spot wisata itu puas kamu nikmati, perlebarlah tujuan wisata kamu di lokasi yang lain, sebanyak yang dapat dijangkau, dengan durasi wisata yang kamu miliki.

 

19. Objek Wisata Gratis

Di setiap negara selalu ada lokasi wisata gratis alias tidak dipungut biaya apapun. Biasanya, spot wisata itu adalah meeting point warga lokal sekaligus ikon kota tersebut. Kalaupun ada biaya, hanyalah berupa uang parkir jika kamu menggunakan kendaraan sewaan.

Objek wisata gratis itu tak berarti murahan. Justeru, objek itu kadang sangat ikonik dan karenanya berkelas!

 

20. Beli Oleh-oleh Bukan di Lokasi Wisata

Tidak afdol rasanya jika kembali ke kotamu tanpa membeli oleh-oleh khas lokasi wisata. Nah, tips liburan hemat-nya adalah belilah oleh-oleh atau cinderamata khas bukan di lokasi wisata. Temukan oleh-oleh tersebut di toko cinderamata atau pasar tradisional di daerah itu.

 

21. Standby Uang Cash

bawa uang tunai sebagai salah satu tips wisata hemat
(via themalaymailonline.com)

Masih banyak lokasi wisata yang belum mengakomodasi penggunaan uang plastik alias kartu kredit/debet, terutama tujuan wisata di sejumlah daerah di Indonesia. Maka itu, bawalah uang cash secukupnya untuk wisata pada hari tersebut. Tak usah bawa uang tunai berlebihan, demi keamanan.

Kartu kredit/debet tetap kamu bawa sebagai backup jika diperlukan penggunaannya.

 

22. Catat Pengeluaran

Baiknya, catat semua pengeluaran kamu selama liburan. Dengan begitu kamu dapat mengetahui apakah pengeluaran tersebut sesuai dengan rencana dan budget awal. Selain itu, catatan tersebut dapat bermanfaat sebagai patokan untuk kunjungan berikutnya di lokasi yang sama atau sekitarnya di waktu yang akan datang.

Di samping itu, jika kamu seorang yang aktif menulis di media sosial, catatan perjalanan dan pengalaman kamu itu dapat di-share, sehingga bisa menjadi panduan bagi travelers yang lain.

Berlibur bukan berarti memboroskan uang. Berlibur hemat tapi tetap menyenangkan itu bisa terjadi, asalkan kamu tahu triknya. Tips liburan hemat ini dapat diterapkan di tujuan wisata manapun.

 

Selamat berlibur, kawan!

 

 

Leave a Reply

*