5 Cara Mengatasi Pedas pada Mulut

Cara Mengatasi Pedas pada Mulut, apakah cukup dengan minum air putih sebanyak-banyaknya? Nyatanya, cara itu tidak tepat, karena justeru rasa pedas akan semakin menyebar ke seluruh bagian mulut, tenggorokan, bahkan dada.

Lalu, adakah cara mengatasi pedas pada mulut yang cepat dan efektif? Beberapa cara berikut dapat kamu coba:

 

1. Makan Gula

makan gula sebagai salah satu cara mengatasi pedas pada mulut
makan gula sebagai salah satu cara mengatasi pedas pada mulut (via dailyrecord.co.uk)

Gula pasir merupakan salah satu cara mengatasi rasa pedas pada mulut dan lidah. Hanya saja, semakin pedas makanan yang kamu konsumsi, semakin menyengat rasa pedas itu di area mulut. Dan gula pasir yang kamu butuhkan pun akan semakin banyak pula.

 

2. Selai Kacang

selai kacang adalah salah satu cara mengatasi pedas pada mulut
(via healthambition.com)

Selai Kacang yang biasa digunakan pada olesan roti, terbukti ampuh sebagai salah satu cara mengatasi rasa panas pada mulut akibat efek sambal pedas.

 

3. Konsumsi Susu

minum susu cair adalah salah satu cara mengatasi pedas pada mulut
(via ebylif.com)

Segera minum susu cair ketika rasa pedas begitu menyengat pada area mulut. Pada susu, terdapat kandungan kasein dan capsaicin, yang membantu meredakan efek pedas. Hanya saja, hindari meminum susu cair yang panas, karena efek pedas akan semakin terasa, meski hanya ketika susu itu melintasi rongga mulut. Jadi baiknya, minumlah susu dalam keadaan hangat (suam-suam kuku).

 

SIMAK PULA – Tangan Panas Terkena Cabai? Ini Cara Mengatasinya!

 

4. Jeruk Nipis dan Jus Jeruk

cairan jeruk nipis adalah cara mengatasi pedas pada mulut
(via skin.co.id)

Jika kamu menyantap makanan pedas di restoran, jangan lupa memesan jus lemon atau jus jeruk. Baik dalam keadaan dingin atau hangat, jus jeruk akan membantu meredakan efek pedas pada mulut.

Jika ada jeruk nipis, dapat pula digunakan. Iris jeruk nipis tersebut, dan hisaplah airnya sebanyak mungkin.

 

5. Makan Nasi atau Roti

makan nasi adalah cara menghilangkan rasa pedas pada mulut
(via straitstimes.com)

Umumnya orang Indonesia, hampir tidak bisa makan tanpa nasi. Nah, rasa pedas pada sekitar mulut, dapat dikurangi efeknya dengan mengkonsumsi nasi dan atau roti. Ketika rasa pedas menyengat di bibir dan rongga mulut, butiran nasi/roti ‘seperti’ menarik rasa pedas tersebut. Hanya saja, jika makanan pedas itu memang super pedas, dengan bantuan nasi/roti, rasa pedas berangsur menghilang dari area mulut, tetapi kerapkali masih terasa di area dada kita. Maka, dalam hal inilah, cairan gula, susu, jus jeruk dan jeruk nipis akan meredakan rasa panas/pedas di area dada.

Itulah 5 Cara Mengatasi Pedas pada Mulut yang terbukti cepat dan efektif. Semoga bermanfaat bagi penyuka makanan pedas!

 

 

featured img: eatthis.com

 

 

https://www.satulangkah.com

trader, digital marketer, SEO-SMO expert, content creator, web developer, ghostwriter, political marketing strategy | driven by heart | 0881 0244 23948 (WA only) "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, Anda bisa berubah untuk maju; Anda dapat lakukan apapun yang Anda mau, & menjadi apapun yang Anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)

Leave a Reply

*