5 Negara Demokrasi Terbesar di Dunia

5 negara demokrasi terbesar dunia

infoBaswara.com, Jakarta – Hampir semua negara di dunia ini mengadopsi dan lalu menganut sistem pemerintahan demokrasi. Kendatipun, jenis dan cara penerapan demokrasi tentu saja berbeda di masing-masing negara. Dengan demikian, sistem negara demokrasi yang lahir pada tahun 500-an SM di Athena, Yunani itu, telah menjadi sistem pemerintahan pilihan terbaik di banyak negara hingga dengan saat ini.

 

Inilah 5 Negara Demokrasi Terbesar di Dunia hingga dengan tahun 2017 ini, versi infoBaswara.com:

 

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS) merupakan salah satu penganut demokrasi tertua dan paling berpengalaman di dunia. Praktik demokrasi berjalan sangat baik di negara ini.

AS hanya mempunyai 2 partai saja, yaitu Partai Demokrat dan Partai Republik. Kendati begitu, dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Senator, Negeri Paman Sam ini juga mengakomodir calon dari jalur Independen.

on election day america
on election day america

 

Fenomena calon Independen dalam perpolitikan AS sudah ada sejak lama, baik dalam Pilpres maupun Senat. Belum pernah ada yang terpilih menjadi presiden dari jalur Independen, namun ada yang berhasil menjadi gubernur dan senator.

 

2. India

India merupakan negara yang menerapkan sistem demokrasi usai Perang Dunia II, dan ketika merdeka dari jajahan Britania Raya.

antusiasme warga india dalam mempraktikkan demokrasi
antusiasme warga india dalam mempraktikkan demokrasi (via indiaelections.com)

 

Meskipun situasi politik dan keamanan dalam negeri India sangat bergejolak hingga dengan hari ini, negara berpopulasi penduduk terbesar ke-2 di dunia ini, menjadi negara demokrasi terbesar di dunia. Hanya kalah sedikit dari Amerika Serikat, dari segi pengalaman berdemokrasi.

India memiliki sistem politik Demokrasi Liberal. India sukses menggelar Pemilu terakhirnya pada tahun 2014 lalu dengan tingkat partisipan pemilih yang terbilang tinggi.

 

3. Indonesia

Indonesia merupakan negara Islam terbesar di dunia. Kendati begitu, Indonesia menganut sistem pemerintahan demokrasi.

Negara dengan populasi penduduk ke-4 terbanyak di dunia ini menganut paham Demokrasi Pancasila.

12 partai peserta pemilu 2014 indonesia
12 partai peserta pemilu 2014 indonesia

 

Salah satu indikator keberhasilan penerapan demokrasi di Indonesia dapat dilihat dalam Pilpres 2014. Dalam Pilpres 2014 yang diselenggarakan pada 9 Juli 2014. Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla berhasil menjadi pemenang dalam satu putaran langsung dengan suara sebesar 53,15%, mengungguli pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Pilpres tersebut berjalan lancar dan aman sebagai Pesta Rakyat.

Jumlah hak suara di Indonesia pada pemilu 2014 itu pun mencapai kurang lebih 190 Juta jiwa.

 

4. Brazil

Pemilu di negara yang terletak di Amerika Selatan ini dilangsungkan 4 tahun sekali. Negara ini memiliki populasi penduduk sekitar 200 Juta jiwa.

meski banyak masalah brazil sukses menjalankan demokrasi
meski banyak masalah brazil sukses menjalankan demokrasi (via dw.com)

 

Sebagai negara paling besar dan yang memiliki populasi penduduk terbanyak di kawasan Amerika Selatan, tingkat partisipan dalam Pemilu terakhir di Brazil terbilang tinggi, yaitu mencapai 140 Juta hak suara.

 

5. Pakistan

protes warga pakistan untuk tetap tegaknya demokrasi
protes warga pakistan untuk tetap tegaknya demokrasi

 

Kendatipun Pakistan merupakan negara dengan bentuk pemerintahan Republik Islam, Pemilu-nya dilaksanakan secara demokratis.

Pemerintahan Pakistan sebelumnya dikuasai oleh militer, tetapi sejak tahun 2013, negara ini menjadi negara yang sukses menerapkan sistem pemerintahan demokrasi.

Negara Islam ke-2 terbesar di dunia setelah Indonesia ini sukses mengadakan Pemilu Demokratis di tahun 2013, dengan tingkat partisipan warga yang cukup tinggi, yakni mencapai 60% hak suara yang digunakan.

Itulah daftar 5 Negara Demokrasi Terbesar di Dunia, yang menjadi teladan banyak bangsa di dunia dalam menerapkan demokrasi. [CT]

 

 

https://www.satulangkah.com

trader, trainer, digital marketer, SEO-SMO expert, content creator, web developer, growth hacker, ghostwriter, political marketing strategy | driven by heart | 0819 0824 5558 (WA only) "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, Anda bisa berubah untuk maju; Anda dapat lakukan apapun yang Anda mau, & menjadi apapun yang Anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)

Leave a Reply

*