Mitsubishi XM Concept Perkawinan SUV dan MPV

Mitsubishi XM Concept primadona baru mobil Indonesia

infoBaswara.com, Jakarta – Setelah purwarupa-nya mendapatkan banyak perhatian dan pujian di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 lalu, di ICE – BSD City, mobil terbaru pabrikan Mitsubishi, yakni Mitsubishi XM Concept, segera diluncurkan di pasar Indonesia tahun 2017 ini.

Mitsubishi XM Concept mengusung disain CUV (Crossover Utility Vehicle), atau yang lebih dikenal dengan cross-over. Mobil berdisain cross-over, berbentuk kaku, kotak, tegas, namun tetap terlihat sporty. Mobil jenis ini yang laku keras di pasaran Indonesia, misalnya Honda BR-V dan Nissan Juke. Sedangkan, dari sisi kegunaannya, Mitsubishi XM Concept merupakan perkawinan antara konsep SUV (Sport Utility Vehicle) dan MPV (Multi Purpose Vehicle).

Sebelum lebih lanjut, sedikit penjelasan tentang SUV dan MPV akan diurai singkat, dalam rangka mendapatkan pemahaman lengkap, seperti apakah ketangguhan dan kelebihan Mitsubishi XM Concept ini, yang diklaim mampu mengawinkan SUV dan MPV. Widiih…

Daya Angkut Penumpang Mitsubishi XM Concept
Daya Angkut Penumpang Mitsubishi XM Concept (via spekengine.com)

 

Jenis mobil SUV, memiliki kapasitas sebagai mobil penumpang sekaligus dapat membawa barang selincah mobil barang. Mobil jenis ini umumnya berpenggerak 4 roda atau four-wheel-drive. Jadi, mobil jenis ini dapat dipakai di segala medan (off-road). Mobil jenis ini terbagi lagi dalam beberapa tipe, yaitu Low SUV, Medium SUV, High SUV dan Double Cabin.

Jenis mobil MPV sering pula disebut dengan minivan. Mobil jenis ini mempunyai handling senyaman mobil sedan, dengan fitur interior maksimal, dan diprioritaskan untuk mengangkut lebih banyak penumpang. Lantaran itulah, mobil jenis MPV cocok dijadikan sebagai mobil keluarga. Jenis mobil MPV terbagi lagi dalam beberapa tipe, yaitu Low MPV, Medium MPV, High MPV dan Luxury MPV.

Dashboard Mitsubishi XM Concept
Dashboard Mitsubishi XM Concept (via merdeka.com)

 

Nah, sudah jelas sekarang, betapa mobil anyar pabrikan Mitsubishi ini akan menjadi rival berat Avanza dan Xenia, misalnya – sebagai ‘wakil’ MPV, serta Honda CR-V dan Toyota Rush, misalnya – sebagai ‘wakil’ SUV. Hmm…

Dengan kelebihan di atas, dan daya angkut maksimal 7-seater, serta harga sebanding Avanza, Mitsubishi XM Concept, diprediksi banyak kalangan akan menjadi primadona baru mobil di Indonesia.

Soal harga Mitsubishi XM Concept, pabrikannya akan membangun pabrik di Indonesia, sehingga mobil ini tidak perlu import. Artinya, harga mobil ini akan menjadi murah. Meski secara resmi belum dirilis, diperkirakan harga mobil ini untuk Mitsubishi XM Concept Base Model akan dibanderol sekitar Rp 170 jutaan. Sedangkan untuk Mitsubishi XM Concept Top Model akan dihargai sekitar Rp 210 jutaan. Minat?

Duh cantiknya tampak depan Mitsubishi XM Concept
Duh cantiknya tampak depan Mitsubishi XM Concept (via ascomaxx)

 

Soal mesin Mitsubishi XM Concept, meski belum disampaikan secara resmi dan detil oleh Mitsubishi, tetapi Mitsubishi XM Concept besar kemungkinan berkapasitas mesin 1500 cc yang dipadukan dengan front-wheel-drive system. Dan dengan dukungan teknologi mesin terbaru Mitsubishi, maka Mitsubishi XM Concept akan sangat bertenaga jika dikomparasi dengan mobil Low MPV. Ketangguhan sesungguhnya mobil ini memang perlu melalui test drive terlebih dahulu.

Adapun fitur interior Mitsubishi XM Concept yang akan disematkan dalam mobil ini belum ada rilis resmi.

Jika Anda berencana membeli mobil baru tahun ini, masukkan Mitsubishi XM Concept, sebagai salah satu pertimbangan ya… [CT]

 

featured img: rajamobil.com


Lihat juga:

Toyota Roomy dan Tank Andalan Baru Toyota

 

 

Leave a Reply

*