Mengucapkan Selamat HUT Untuk Mantan, Bolehkah?

Bolehkah Mengucapkan Ulang Tahun Untuk Mantan

Mengucapkan Selamat HUT Untuk Mantan, Bolehkah? Jawabannya, tergantung pada Kondisi Terakhir Hubungan Kamu dengan Mantan, dan Seberapa Dewasa Kamu Menyikapi Hubungan Tersebut.

 

Lihat Kondisi Terakhir

Mengucapkan Selamat HUT Untuk Mantan, bolehkah?
ilustrasi via today.com

Jelasnya begini, jika kondisi terakhir kamu dengan mantan, putus dengan cara yang menyakitkan, seperti karena diselingkuhi dan atau pertengkaran hebat lainnya yang berakhir dengan kebencian, maka sebaiknya tidak usah mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) untuk mantan. Apalagi, jika kamu memang sudah tidak mencintainya lagi, dan eks pasanganmu itu sudah mempunyai pasangan baru. Move on-lah, jalani masa depan kamu!

 

Caramu Memandang Masalah

Berikut, tingkat kedewasaan kamu juga menentukan dalam hal ini. Maksudnya begini, jika kamu menganggap bahwa persoalanmu dengan mantan itu sudah berlalu, dan tak berarti lagi, maka tak ada salahnya untuk sekadar mengucapkan “selamat ulang tahun” kepada mantan, dengan kata-kata seperlunya, tidak berlebihan; Ucapan tersebut tidak dilakukan secara bertatap muka, apalagi membawa bunga…, cukup via SMS, Whatsapp atau Email; Dalam hal ini, kamu mencoba menjaga tali silaturahmi – dalam konteks ini, kamu dewasa banget!

Mengucapkan Selamat HUT Untuk Mantan? Dengan bunga

Namun, jika kamu menganggap, bahwa mantanmu itu sudah masa lalu bagimu, dan ia sudah memiliki kehidupan barunya, dan kamu tak mau mengganggu kondisi tersebut, maka tak mengucapkan “selamat HUT” pun tak masalah – dalam konteks inipun, kamu dewasa banget!         

Jadi, mengucapkan selamat HUT untuk mantan, boleh atau tidak, bukanlah masalah. Masalahnya terletak pada hati dan cara berpikir kamu!

Mantan yang Punya Pacar Baru, Bukan Mantan yang Jadi Istri/Suami Orang

Tentu, ulasan singkat ini dibatasi pada mantan dalam konteks pacaran ya, bukan mantan yang sudah menjadi suami atau istri orang lain. Dan, bukan pula mantan pacar yang masih kamu cintai! Sebab, jika kamu memang masih sayang dengan mantan kamu itu, kendati ia sudah berpacaran dengan orang lain, maka lain lagi ceritanya. Sebab, selama kamu yakin masih ada peluang bagimu untuk kembali dengan si mantan, kenapa tidak diperjuangkan sebelum janur kuning berdiri!

 

Tak Usah Ucapkan di Tahun Berikut

Terakhir, andai kamu mengambil salah satu sikap dewasa di atas, dimana kamu akhirnya mengucapkan “selamat HUT” untuk mantan via media yang tersebut di atas, dan hasilnya sang mantan tidak pernah membalas (merespon) ucapan tersebut, maka sebaiknya tak usah mengucapkan hal yang sama lagi di tahun berikutnya, dan seterusnya.

Lho, kok jadi kekanak-kanakan dan seperti membalas dendam? Sama sekali bukan kekanak-kanakan dan bukan pula marah apalagi dendam! Sebab, dengan tidak dibalasnya ucapan kamu tersebut, maka itu pertanda sang mantan tidak mau lagi berhubungan dengan kamu dalam bentuk apapun. Hargailah, sebab itulah salah satu caranya untuk ‘sembuh’ dari bayang-bayang kamu. Dan yang penting, hatimu ‘bersih’. Bersih dari amarah dan dendam. Kamu hanya sekadar ingin menjalin tali silaturahmi. Tuhan tahu hatimu!

Bolehkah Mengucapkan selamat HUT Untuk Mantan?
tatap masa depanmu, sobat!

Lalu, bagaimana dengan ucapan pada salah satu hari raya yang dulu pernah kalian rayakan bersama? Cara yang sama dapat diduplikasi. Tahun pertama pasca putus dengan mantan, kamu dapat mengucapkannya dengan tulus. Itu tak mengapa. Tapi, jika ia tidak meresponnya, maka tak usah mengucapkan lagi di tahun berikutnya. Sebab, itu jelas, bukan karena mantan kamu kehabisan pulsa! Itu pertanda ia sudah meniatkan diri untuk tidak lagi berhubungan dengan kamu demi hidupnya yang baru. Maka, tidak mengucapkan lagi pada tahun berikutnya, bukan ‘tanda balas dendam’, tetapi sebagai bentuk kedewasaan kamu, merelakannya bahagia tanpamu, dan membuka lebar jalan masa depanmu juga!

So, Bolehkah Mengucapkan Selamat HUT Untuk Mantan? Boleh-boleh saja! Tapi, tergantung kondisinya, sebagaimana yang diurai di atas.

Maju terus, sobat!

 

 

 

https://www.satulangkah.com

trader, trainer, digital marketer, SEO-SMO expert, content creator, web developer, growth hacker, ghostwriter, political marketing strategy | driven by heart | 0819 0824 5558 (WA only) "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, Anda bisa berubah untuk maju; Anda dapat lakukan apapun yang Anda mau, & menjadi apapun yang Anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)

Leave a Reply

*