Grup Piala Dunia 2018

Grup Piala Dunia 2018

Grup Piala Dunia 2018, adakah Grup Neraka?

Undian Grup Piala Dunia 2018 telah dilangsungkan di Istana Kremlin, Jumat (1/12/2017) malam. Hasilnya, tidak ada grup yang bisa disebut dengan Grup Neraka! Sejumlah negara dengan tradisi sepak bola dan langganan juara Piala Dunia, justeru tersebar merata dari Grup A sampai Grup H. Hanya ada Grup Ringan, Grup Unpredictable, dan Grup David vs Goliath.

Juara dunia 5x, Brasil misalnya, bisa dikatakan masuk dalam grup ringan sekaligus unpredictable. Tim Samba berada dalam Grup E, bersama Swiss, Kosta Rika, dan Serbia. Grup E bisa dibilang ringan bagi Brasil, namun hasil akhir tidak bisa diprediksi. Sebab Serbia, Kosta Rika dan Swiss dapat membuat kejutan.

Grup ringan Piala Dunia, secara statistik, juga ada pada Grup H, dimana tidak terdapat negara yang dominan, yakni Polandia, Senegal, Kolombia dan Jepang. Ke-4 tim memiliki peluang sama kuat, tidak ada yang terlalu menonjol. Mungkin inilah grup paling ringan dari 8 grup yang ada.

Di atas kertas, bagi Tim Nasional Jerman, ke-3 lawannya: Meksiko, Swedia, dan Korea Selatan di Grup F, seharusnya mudah diatasi The Panzer. Ini grup yang sangat ringan bagi Sang Juara Bertahan, Jerman. Grup F Piala Dunia 2018 ini bisa pula disebut Grup David vs Goliath. Jerman adalah sang Goliath. Mampukah ‘David’ membuat kejutan, menjungkirkan Goliath?

Spanyol, salah satu kandidat juara pun, secara statistik hanya akan berjumpa lawan berat, Portugal, Sang Juara Eropa 2016. Sedangkan dua kontestan lain: Maroko dan Iran, mestinya bisa dilewati La Furia Roja (Murka Merah).

Sekali lagi, melihat komposisi grup yang ada, kali ini tidak ada grup maut dalam Piala Dunia 2018. Negara-negara besar dalam sepak bola hampir pasti lolos sebagai Juara Grup dan Runner-up untuk melaju ke Babak 16 Besar. Dan dengan absennya Italia, Belanda, Chile, Wales, dan Amerika Serikat dalam gelaran pesta sejagat kali ini, seharusnya lebih memuluskan langkah timnas papan atas, sekaligus membuka peluang bagi tim ‘kuda hitam’ (seperti Islandia, Mesir, dan Belgia) untuk unjuk gigi. Melajunya para kuda hitam, justeru lebih menarik dinanti.

Tanpa Grup Neraka, bentrok maut sesungguhnya baru akan terlihat pada Babak 16 Besar. Saat itulah gelaran Piala Dunia FIFA ke-21 ini menjadi lebih greget untuk disaksikan.

 

Inilah Grup Piala Dunia 2018:

GRUP A

Rusia

Arab Saudi

Mesir

Uruguay

 

GRUP B

Portugal

Spanyol

Maroko

Iran

 

GRUP C

Perancis

Australia

Peru

Denmark

 

GRUP D

Argentina

Islandia

Kroasia

Nigeria

 

GRUP E

Brasil

Swiss

Kosta Rika

Serbia

tim nasional jerman untuk piala dunia rusia 2018
mampukah jerman juara piala dunia 2018 untuk ke-5 kalinya?

GRUP F

Jerman

Meksiko

Swedia

Korea Selatan

 

GRUP G

Belgia

Panama

Tunisia

Inggris

 

GRUP H

Polandia

Senegal

Kolombia

Jepang

 

Itulah Grup Piala Dunia 2018. Siapakah yang lolos ke Babak 16 Besar? Dan siapakah kuda hitam yang membuat kejutan? Menarik dinanti Juni 2018!

 

 

Leave a Reply

*