Google Doodle HUT Indonesia ke-72

Google Doodle HUT Indonesia ke-72

Google Doodle HUT Indonesia ke-72 yang ditampilkan raksasa mesin pencari, Google, hari ini menarik dilihat. Menarik dari segi grafis dan filosofis. Menariknya dari sisi grafis, yakni adanya gambar 6 orang yang mengenakan pakaian adat berada di atas biduk yang sedang berlayar. Tampak di belakang, pegunungan menjulang tinggi, burung yang sedang terbang, dan bendera merah putih yang gagah berkibar.

Siapa yang merancang design Google Doodle HUT Indonesia ke-72 itu? Doodle Hari Kemerdekaan Indonesia 2017, dibuat oleh Aditya Pratama. Aditya merupakan ilustrator dan desainer yang berasal dari Bandung.

Busana adat yang dikenakan 6 orang dalam biduk tersebut, tidaklah kebetulan. Hari ini, peringatan dan perayaan HUT RI ke-72 yang diadakan di Istana Merdeka, terbilang unik dan istimewa. Unik, karena semua tamu undangan (kecuali para dubes negara sahabat), mengenakan pakaian adat nusantara. Istimewa, karena para petinggi negara, dari Presiden hingga pejabat negara pun, memakai pakaian adat daerah.

joko widodo pakai pakaian adat dalam hut ri 72
(via kumparan.com)

Presiden Joko Widodo misalnya, memakai pakaian adat Kalimantan Selatan, bernuansa hitam lengkap dengan songket dan tutup kepala, sedangkan Ibu Iriana memakai pakaian adat Minangkabau berwarna merah, lengkap dengan tutup kepalanya.

Tamu undangan diminta memakai pakaian adat dalam peringatan HUT RI ke-72 kali ini, merupakan pesan yang tercantum dalam undangan yang disebar Kementerian Sekretariat Negara.

Google Doodle HUT Indonesia ke-72 menarik dari sisi filosofis, karena sengaja menampilkan keberagaman Indonesia yang dikenal dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika (dari bahasa Jawa Kuno, berarti: “Berbeda-beda tetapi tetap satu”). Selain itu, simbol gunung di latar belakang, hendak menggambarkan kayanya alam nusantara.

Salut untuk Google Doodle hari ini, dan kepada designernya, Aditya Pratama!

Google Doodle bertema HUT RI, pertama kali ditampilkan pada tahun 2009 (tiga tahun sebelum Google membuka kantor di Indonesia), bergambar bendera merah putih yang berkibar dengan latar belakang logo Google yang juga berwarna merah putih.

 

Google Doodle HUT Indonesia ke-64

Google Doodle HUT Indonesia ke-64

Google Doodle HUT  RI selanjutnya semakin menarik. Ada yang bergambar “panjat pinang” (2010), “lomba lari karung dan makan krupuk” (2012), dan “2 anak SD yang mengibarkan bendera” (2014).

 

Google Doodle HUT Indonesia ke-65

google doodle hut indonesia ke 65

SIMAK PULA – Sejarah Google Doodle

Sejarah Google Doodle sendiri bermula pada tahun 1998. Berawal dari maksud pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, yang hendak memberitahukan kepada netizen, bahwa mereka sedang berada di luar kantor. Mereka memberikan pesan tanda berupa tongkat saling silang yang diletakkan di belakang huruf “O” pada kata “Google”. Dari sinilah, ide untuk mengembangkan Doodle muncul, dan eksis hingga kini.

Terima kasih Google untuk ikut merayakan HUT RI ke-72 ini melalui Doodle, dan SELAMAT HARI KEMERDEKAAN NEGERIKU.. JAYALAH SELALU!

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

*