8 Pasukan Elit Terbaik di Dunia 2017

8 pasukan elit terbaik dunia 2017

Pasukan Elit Terbaik Dunia 2017 dalam daftar ini merupakan pasukan khusus paling menonjol di antara ratusan negara di dunia (ada 195 negara saat ini). Urutan pasukan elit dunia 2017 ini disusun secara acak, jadi posisi teratas bukan menggambarkan urutan Pasukan Elit Dunia yang terbaik/terkuat. Sebab, indikator ranking pasukan elite dunia tak ada ukuran pasti dan sama dari yang pernah merilis, seperti: Versi Business Insider, The Independent dan Discovery Channel Military  

Terbentuknya pasukan elit pada sebuah negara, bisa bermula dari satu angkatan tertentu, misalnya angkatan darat, atau merupakan gabungan dari berbagai angkatan perang yang ada, bahkan unsur kepolisian. Secara personal, anggota pasukan elit telah lulus test mental, fisik dan berbagai kecakapan bela diri – tempur – dan teknologi, dalam level tertinggi.

Harus dipahami, 8 Pasukan Elit Terbaik Dunia 2017 ini tidak sama dengan Dinas Rahasia atau Dinas Intelijen, seperti Mossad, milik Israel, CIA (Central Intelligence Agency), milik Amerika, dan atau BIN (Badan Intelijen Negara), milik Indonesia. Meskipun badan intelijen atau dinas rahasia, juga memiliki anggota terlatih yang dalam keadaan genting dan memaksa, bisa membentuk diri menjadi sebuah tim/pasukan khusus. Perihal dinas rahasia terbaik, akan diulas dalam artikel yang lain.

Inilah 8 Pasukan Elit Terbaik Dunia 2017, versi infobaswara.com, yang dihimpun dari berbagai sumber, bukan berdasarkan popularitas/publisitas dan peralatan militer canggih, tetapi atas prestasi dan keberhasilan misi di dalam maupun luar negeri.

 

1. Navy SEAL, Amerika Serikat

U.S. Navy SEAL (The United States Navy Sea, Air and Land) atau kadang disebut dengan Seals, dibentuk pada tahun 1962. Pasukan elit yang disebut-sebut the best of the best ini merupakan unit khusus dan terlatih dari Angkatan Laut Amerika.

navy seals salah satu yang terbaik dari 8 pasukan elit terbaik dunia 2017
navy seals disebut-sebut sebagai pasukan khusus terbaik di dunia

Telah banyak operasi khusus yang sukses diselesaikan Navy Seal, dan yang paling diingat dunia, ketika pasukan elit ini berhasil melacak persembunyian pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden di Bilal Town, Abbottabad, Pakistan, dan menewaskannya bersama sejumlah pengikutnya, pada Mei 2011.

Pasukan elit Amerika ini menggunakan seragam khusus, dan terdapat sebuah pin “The SEAL Trident”, yang melekat pada seragam yang dikenakan.

Popularitas Seals dalam penuntasan misi memang hebat, apalagi ditambah dengan publisitas gratis yang diperolehnya melalui film-film garapan Hollywood, yang nyata-nyata menempatkan unit khusus ini sebagai top-nya Pasukan Elit Terbaik Dunia.

 

2. SAS (Special Air Service), Britania Raya

Pasukan elit SAS merupakan unit khusus dari Angkatan Darat Britania Raya (UKSF). Pasukan khusus ini dibentuk pada 31 Mei 1950.

Anggota SAS Inggris, direkrut dari militer saja. Proses seleksinya super ketat. Jika ada 100 anggota militer yang mendaftar, hanya 10%-nya yang terpilih.

SAS Inggris adalah salah satu dari 8 pasukan elit terbaik dunia 2017

Pamor pasukan khusus yang embrio-nya telah terbentuk sejak masa Perang Dunia II (tahun 1941) ini, terjadi pada 37 tahun lalu (1980). Ketika itu, SAS Inggris berhasil menyerang kedutaan Iran di London yang dikuasai selama 5 hari oleh kelompok penentang Ayatollah Khomeini, pemimpin Iran kala itu. SAS menyelamatkan 19 sandera selamat, 2 orang terluka dan 1 tewas.

Pasukan elit Inggris yang mempunyai slogan: “Yang Berani Yang Menang” ini, disebut-sebut lebih hebat dari Navy Seal, lantaran dibiasakan beroperasi dengan minimnya peralatan canggih pendukung, namun dengan hasil akhir yang luar biasa.

 

3. SBS (Special Boat Service), Inggris

pasukan khusus inggris SBS (Special Boat Service)
pasukan khusus inggris, sbs bersinergi dengan sas

Bersama dengan SAS, Special Boat Service (SBS) adalah bagian dari UKSF (United Kingdom Special Forces). SBS merupakan partner sejati SAS. Keduanya saling bersinergi manakala berhadapan dengan ancaman dalam dan luar negeri Britania Raya.

Pasukan khusus ini berdiri pada tahun 1940 dengan nama awal yang sama dengan akronimnya, Special Boat Section. Sedari awal dibentuk, pasukan khusus ini bertugas mendukung pasukan SAS di wilayah perairan (laut, danau, rawa).

Reputasi tempur di perairan, membuat SBS kerap dipandang sebagai cikal bakal pasukan khusus maritim di dunia. Dan hebatnya, unit khusus Inggris ini selalu masuk dalam daftar Pasukan Elit Terbaik Dunia versi manapun, mendampingi sejawatnya, SAS.

 

4. Spetsnaz Group Alpha, Rusia

Spetsnaz adalah bahasa Rusia yang artinya “Unit Tujuan Khusus”. Spetsnaz Group Alpha atau yang kadang disebut dengan Alpha Grup dibentuk pada 28 Juli 1974 oleh pemimpin KGB kala itu, Yuri Andropov.

Grup Alpha dibentuk setelah pembantaian atlet Israel di Jerman, yang dikenal dengan tragedi Munich Massacre.

spetsnaz group alpha
spetsnaz group alpha, dapatkah mengalahkan navy seals?

Unit Group Alfa memiliki kemampuan lain selain anti teror, yaitu sabotase dan eksekusi target terpilih. Unit ini pernah melakukan misi eksekusi target, saat perang Afganistan pecah, dengan melakukan eksekusi terhadap Presiden Afganistan Hafizullah Amin, pada 27 Desember 1979.

Sama seperti pasukan elit dunia lainnya, tak ada yang tahu pasti jumlah pasukan ini.

 

SIMAK PULA – 7 Militer Terkuat di Dunia 2017

 

5. GIGN (Groupe d’Intervention de la Gendarmerie Nationale), Prancis

gign sama dengan densus 88 indonesia, personalnya adalah dari unsur kepolisian
gign sama dengan densus 88 indonesia, personalnya adalah dari unsur kepolisian

GIGN dibentuk pada 11 Oktober 1973, setahun setelah tragedi Munich Massacre. Jadi, sama dengan Grup Alpha Rusia, GSG 9 Jerman, GIGN juga terbentuk pasca teror Olimpiade Munich, Jerman, pada tahun 1972. Kabarnya, GIGN mendapatkan pelatihan khusus dari SWAT Amerika dan SAS Inggris.

Anggota GIGN bukan dari militer, kendatipun unit khusus Prancis ini berada di bawah Kementerian Pertahanan Prancis. Uniknya, para anggota polisi hebat ini mempunyai peraturan tempur yang berubah-ubah, tergantung siapa lawan dan medan tempur yang dihadapi.

Sejumlah operasi GIGN yang berhasil dilaksanakan, misalnya penyelamatan 30 siswa dari aksi penyanderaan di Djibouti, pemberantasan bajak laut Somalia, penyelamatan sandera pesawat Air France penerbangan 8969 di Marseille, pada tahun 1994, dan mematahkan serta menangkap para pelaku teror di Prancis sejak 2015 hingga 2017. Namun, prestasi tertinggi GIGN yang tak dapat dilupakan, ketika pasukan khusus yang disebut sebagai jago-nya kontra-terorisme ini, berhasil merebut Masjidil Haram di Mekkah, pada tahun 1979 dari para pemberontak. Adanya larangan bagi non Muslim untuk menginjak Mekkah, sebagai Kota Suci, sejumlah anggota GIGN berpindah keyakinan menjadi Islam. Dengan begitu, mereka dapat bekerja sama dengan militer Arab Saudi, merebut Masjidil Haram.

Kendatipun personal GIGN hanya berasal dari unsur kepolisian (seperti Densus 88 Indonesia), kemampuan unit khusus Prancis ini tak dapat disangsikan dalam jajaran Pasukan Elit Terbaik Dunia.

 

6. Sayeret Matkal, Israel

Pasukan elit Israel, Sayeret Matkal atau disebut pula dengan Shayetet 13 (S’13), berdiri pada tahun 1957. Pasukan Sayeret Matkal merupakan unit komando elit dari Angkatan Laut Israel (Heil HaYam HaYisraeli).

Pasukan khusus Israel ini memiliki pengalaman tempur luar biasa, karena itu kerap disejajarkan dengan Navy SEAL dan Special Boat Service (SBS). Bahkan, ada yang menyebut pasukan khusus Israel ini lebih baik dari SAS Inggris.

sayeret matkal israel lebih baik dari sas inggris?
sayeret matkal israel lebih baik dari sas inggris?

Dunia mengingat kehebatan operasi Sayeret Matkal pada tahun 1976 di Bandara Entebbe, Uganda- Afrika Timur. Pasukan khusus ini berhasil melumpuhkan 6 milisi Palestina yang membajak pesawat Air France. Kendati 3 orang sandera menjadi korban, namun 100 sandera lainnya selamat.

Kehebatan Sayeret Matkal tak lepas dari dukungan intelijen mereka yang mumpuni, Mossad. Sinergi keduanya tak tertandingi. Kekuatannya pun kadang dipandang setara. Tak terpisahkan, bagaikan dua sisi mata uang. Itu sebabnya, ada rilis tentang Pasukan Elit Terbaik Dunia yang menampilkan Mossad (Dinas Rahasia Israel) dalam daftar, bukannya Sayeret Matkal.

 

7. UOE (Unidad de Operaciones Especiales) atau Naval Special Warfare Force, Spanyol

Pasukan khusus Spanyol yang berdiri pada tahun 1952 ini menjadikan Navy Seal dan SAS sebagai standard kualitas mereka. Proses seleksi dalam pasukan ini sangat ketat. Bila ada 100 pendaftar terbaik, tak jarang semuanya ditolak karena tidak memenuhi standard kualitas yang diinginkan.

pasukan khusus uoe milik spanyol ini dikabarkan dekat dengan militer amerika serikat
pasukan khusus uoe milik spanyol ini dikabarkan dekat dengan militer amerika serikat

Di awal berdiri, pasukan ini hanyalah berupa unit kecil yang berisi relawan Amphibious Unit Climbing Company, Spanyol. Namun sekarang, pasukan khusus yang kini berganti nama menjadi “Naval Special Warfare Force” (mulai 2009) ini menjadi yang paling disegani di Eropa.

Operasi khusus pasukan ini, kabarnya, kerap bergabung dengan operasi-operasi militer yang dipimpin Amerika Serikat di berbagai belahan dunia. Meskipun keberhasilan misi mereka jarang dipublikasikan, reputasi mereka di Eropa, khususnya, sangat disegani sebagai salah satu Pasukan Elit Terbaik Dunia.

 

8. Kopassus, Indonesia

kopassus menjadi model pasukan elit sejumlah negara
kopassus menjadi model pasukan elit sejumlah negara (by quora.com)

Sejumlah media asing, dalam rilis terakhir perihal Pasukan Elit Dunia yang terbaik, tidak memasukkan Kopassus (Komando Pasukan Khusus) Indonesia dalam daftarnya. Padahal, prestasi Kopassus sejak terbentuk pada 16 April 1952 hingga kini, tak dapat di pandang sebelah mata.

Unit khusus dari Angkatan Darat Indonesia ini memiliki pengalaman operasi luar biasa. Sejumlah operasi anti teror pernah dituntaskan dengan sukses, seperti: Pembebasan sandera dalam pesawat Garuda DC-9 Woyla, di Bandara Don Mueang, Bangkok, pada tanggal 31 Maret 1981. Waktu itu, Kopassandha (Komando Pasukan Sandi Yudha), embrio Kopassus, berhasil melumpuhkan 5 pembajak dalam tempo 3 menit, setelah drama pembajakan selama 60 jam. Kopassus berhasil membebaskan 48 penumpang dan 5 awak pesawat, kendatipun seorang anggota pasukan dan pilot pesawat, tewas.

Usai operasi yang menegangkan di negara orang itu, The Asian Wall Street Journal menulis:

“From hijack to the last gun shot, the entire operation lasted about 60 hours. It required a high degree of organisation and planning. It also required courage, efficiency and discipline”.

(“Dari pembajakan sampai tembakan senjata terakhir, seluruh operasi berlangsung sekitar 60 jam. Ini membutuhkan tingkat organisasi dan perencanaan yang tinggi. Ini juga membutuhkan keberanian, efisiensi dan disiplin”).

Dan, yang tidak bisa dilupakan dunia, ketika Kopassus (dari Grup 5 Antiteror) berhasil menyelamatkan belasan peneliti asing (Tim Ekspedisi Lorentz 95), yang di sandera selama 130 hari di wilayah Mapenduma, Jayawijaya-Papua. Penyandera adalah OPM (Organisasi Papua Merdeka), yang dipimpin oleh Kelly Kwalik.

Sejak disandera pada 8 Januari 1996, operasi pembebasan segera dirancang, dan misi berakhir pada tanggal 9 Mei 1996, dimana 2 dari 11 sandera ditemukan tewas, oleh perbuatan OPM.

Pasca operasi yang gemilang itu, Koppasus yang didukung TNI, di bawah komando Brigjen Prabowo Subianto, mendapatkan pujian internasional, karena sangatlah tidak mudah membebaskan sandera dari kelompok separatis yang menguasai medan hutan Papua yang sangat lebat.

Sebelumnya, FBI atau Biro Investigasi Federal Amerika sempat memprediksi, bahwa tingkat keberhasilan operasi itu hanyalah 50%. Prediksi tersebut dipatahkan oleh Kopassus.

Terhadap keberhasilan Kopassus itu, Discovery Channel Military edisi 2008, menempatkan Pasukan Khusus Indonesia berada di urutan ke-3 Pasukan Elit Terbaik Dunia, di bawah SAS Inggris dan Mossad Israel.

Dan, prestasi sejumlah anggota Kopassus yang satu ini tak dapat dikesampingkan, meskipun hal ini bukan berupa operasi tempur. Namun, skalanya yang melibatkan puluhan negara, termasuk Amerika, Inggris dan Prancis, bisa menjadi salah satu tolak ukur pasukan elit dunia, dimana sejak 2008 hingga 2017, Kopassus yang tergabung dalam Tim TNI Angkatan Darat, berhasil menjadi juara umum 10x berturut-turut dalam gelaran lomba tembak antar-angkatan darat yang digelar Royal Australian Army bertajuk Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM).

Begitu pula dengan lomba tembak ASEAN Armies Rifle Meeting (AARM), 2016 lalu, sejumlah anggota Kopassus sukses menjadi yang terbaik, dan menempatkan Tim TNI AD sebagai juara umum. Hebatnya lagi, senapan yang digunakan bukan Senapan Serbu (SS) AK-47 buatan Rusia, atau M-16 milik Amerika yang kesohor. Tim TNI AD hanya menggunakan SS-2 V4 buatan PT Pindad, Indonesia!

Tak kalah mentereng dengan sejumlah prestasi yang tersebut di atas, Kopassus pun dipilih oleh 5 negara untuk melatih dan meningkatkan kemampuan pasukannya. Negara-negara tersebut adalah: Afrika Utara, Timor Leste, Brunai, Myanmar, Kamboja dan Filipina.

Dengan sejumlah data di atas, apakah Kopassus tidak layak berada dalam daftar 8 Pasukan Elit Terbaik di Dunia 2017? Tidak pantaskah Kopassus masuk dalam ranking pasukan elite dunia?

Tak seperti pasukan elit negara lain (Navy Seal dan SAS, misalnya), yang banyak mendapatkan publisitas di berbagai media (termasuk film garapan Hollywood), Kopassus jarang untuk itu. Tetapi, begitu Kopassus dilibatkan dalam operasi apapun, pantang pulang tanpa mengharumkan korps, dan utamanya Indonesia – hal ini sesuai dengan slogan Kopassus: Lebih Baik Pulang Nama Dari Pada Gagal di Medan Tugas.

Eksistensi Kopassus, tepat dengan frasa ini: Semakin tidak terdeteksi keberadaan sebuah pasukan elit, semakin hebat pasukan itu sesungguhnya.

 

 

dari berbagai sumber

 

 

Lihat juga:

8 Militer Terkuat di Eropa 2017

5 Militer Terkuat di Asia Tenggara 2017

 

 

 

Leave a Reply

*