3 Hal yang Mencipta Kamu di Usia 50!

Dikutip dari laman Femina.co.id, seorang bernama Karl Pillemer Ph.D, melakukan penelitian terhadap 1.500 orang Amerika tentang practical wisdom of our elders.

Hasil penelitian Pillemer: Ada 3 hal yang dilakukan orang-orang berusia 50 tahun saat mereka berusia 30 tahun. Respondennya adalah mereka yang menikmati kehidupannya setelah usia 50 tahun. Inilah 3 Hal yang Mencipta Kamu di Usia 50 jika usiamu sekarang 30an!

1. Memilih karier sesuai minat
Satu nasihat yang dikemukakan oleh mereka yang kini berusia di atas 50 adalah: Pilih pekerjaan yang Anda sukai! Dengan begitu, Anda akan bersemangat untuk meningkatkan jenjang karier sepanjang usia Anda hingga usia 50 tahun. Lebih baik Anda mendapat gaji kecil di pekerjaan yang Anda sukai daripada gaji besar di pekerjaan yang tidak Anda sukai, dan menemukan ‘kehidupan’ hanya dia akhir pekan.

 

2. Berani terima tantangan
Dalam kehidupan, kita sering mendapat kesempatan untuk melakukan hal-hal menantang. Di usia 30 tahun, sudah saatnya Anda mengatakan “YA” untuk berbagai tantangan di depan mata. Jika ada kesempatan untuk pindah ke perusahaan yang berani menggaji Anda lebih tinggi, kenapa tidak?! Jika ada kesempatan untuk naik jabatan, kenapa tidak mengambilnya?

sukses di usia muda
ilustrasi (via VereQuest.com)

Usia produktif Anda saat ini sangat disayangkan jika dihabiskan di belakang meja kerja yang nyaman (comfort zone). Katakan “YA” untuk semua kesempatan yang datang! Anda hanya hidup satu kali, dan waktu tidak akan berjalan mundur. Jangan sampai di usia 50 Anda menyesali, bahwa Anda pernah menyia-nyiakan kesempatan untuk berkembang hebat pada saat berusia 30an.

 

3. Meningkatkan kecerdasan emosional
Jika Anda menginginkan kehidupan yang lebih baik, asahlah kemampuan komunikasi interpersonal Anda. Social skills sangat penting untuk meningkatkan peluang Anda mendapat berbagai kesempatan baru. Selain itu, semakin luas jaringan sosial Anda, maka akan semakin banyak yang Anda dapatkan: ilmu baru, wawasan baru, kisah-kisah baru yang menginspirasi kehidupan Anda.

3 Hal yang Mencipta Kamu di Usia 50 Sukses atau Gagal
jalan sukses harus dimulai dari sekarang (via shutterstock.com)

Social skills sangat dipengaruhi oleh kecerdasan emosional, bagaimana Anda berhadapan dengan berbagai macam orang dengan berbagai situasi dan tetap bisa memegang kendali. Kecerdasan emosional membuat Anda lebih memiliki empati kepada orang lain, sehingga meningkatkan kemampuan sosial Anda.

Itulah 3 Hal yang Mencipta Kamu di Usia 50 jika dilakukan mulai sekarang. Bagaimana, siap menjadi hebat, yang terbaik, dan mensyukurinya di usia 50?

 

 

Sumber: femina.co.id – diedit seperlunya

 

 

Leave a Reply

*