Iklan Instagram Untungkan Facebook

iklan di instagram stories

infoBaswara.com, Jakarta – Memasang iklan digital di media sosial (medsos) untuk memasarkan produk atau layanan, diakui menjadi solusi utama marketing digital era digitalisasi dewasa ini.  

Perusahaan-perusahaan Amerika tak mengabaikan iklan digital. Justeru dari tahun ke tahun, pemasangan iklan digital di medsos terus menunjukkan angka peningkatan. Dengan demikian, iklan digital diakui sebagai cara beriklan yang efektif dan efisien dalam memasarkan produk dan layanan unggulan, bukan terbatas untuk konsumen Amerika saja, tetapi menjangkau dunia tanpa batas, dan lebih hemat biaya ketimbang iklan konvensional.

Menyadari sejak awal hal itu, usai mengambil alih Instagram pada 9 April 2012, Facebook menempatkan iklan pada feed Instagram. Terobosan Facebook itu untung besar. Penghasilan perusahaan jejaring sosial milik Mark Zuckerberg itu pun meraih keuntungan berlipat.

Guna meningkatkan lagi keuntungannya di tahun 2017, Facebook menyasar fitur Instagram Stories untuk dijadikan tempat mengiklankan suatu produk dan layanan.

iklan digital via instagram stories

Sejumlah perusahaan di Amerika, seperti General Motors Co, tertarik untuk mencoba memasang iklan digitalnya di Instagram Stories.

Agensi iklan yang berbasis di London, Inggris, MEC WaveMaker merilis laporannya, bahwa peningkatan signifikan pengiklan di Instagram menempatkan Facebook sebagai perusahaan teknologi kedua setelah Alphabet Inc yang sukses di bisnis iklan digital.

Data dari eMarketer pada tahun 2016, terdapat setidaknya 53 persen perusahaan di Amerika yang memarket produknya via iklan digital. Masih menurut eMarketer, angka tersebut dapat mencapai 74 persen apabila Facebook membuka peluang iklan pada fitur Instagram Stories-nya.

Fitur Instagram Stories memungkinkan user untuk memposting foto dan video. Foto dan video tersebut akan bertahan selama 24 jam, lalu hilang secara otomatis. Disebut-sebut, fitur itu merupakan adopsi dari Snapchat. Instagram Stories dirilis pada Agustus 2016, dan dipakai oleh 150 juta user per hari.

Aplikasi keren berbagi foto, Instagram, menjadi salah satu medsos yang kelihatannya tak akan mati dalam 10 tahun ke depan. Apalagi, setelah perusahaan Over-The-Top sekelas Facebook telah memiliki dan mengembangkannya seperti adanya sekarang ini.

Kata Instagram merupakan paduan dari dua kata. Kata insta berasal dari kata instan. Artinya, foto yang diambil atau dihasilkan secara instan. Hal ini terinspirasi dari kamera polaroid, yang pada masa kejayaannya, dapat mengasilkan foto secara instan. Sedangkan, untuk kata gram berasal dari kata telegram. Artinya, informasi yang dapat dengan cepat dikirimkan dan dibaca orang lain. Jadi, Instagram merupakan paduan dari instan foto dan telegram. [CT]

 

dari berbagai sumber

featured img: greenad.com 

 

 

Leave a Reply

*