7 Bisnis Tanpa Modal 2017, IRT Juga Bisa!

bisnis tanpa modal mungkinkah itu

Bisnis tanpa modal, mana mungkin? Itulah frasa yang sedari dulu kita dengar. Apalagi hidup di jaman sesulit ini, mana bisa bisnis tanpa modal? Jawabannya, bisa! Justeru, tanpa modal itulah modal besarnya; Sebab, modal besarnya adalah diri Anda sendiri!

Uang itu sarana, dan bukan modal! Tanpa modal yang Tuhan berikan, yaitu otak (ide) dan organ utama tubuh Anda, dalam hal ini mulut, tangan dan kaki, maka uang itu tidak ada gunanya.

Inilah 7 Bisnis tanpa Modal 2017 yang bisa Anda kerjakan sendiri. Apabila nanti bisnis ini membesar, Anda dapat melakukan expand dalam hal mempekerjakan sejumlah staf, misalnya.

 

1. Reseller Online

reseller online adalah salah satu bisnis tanpa modal
reseller online adalah salah satu bisnis tanpa modal

Apa itu Reseller? Reseller adalah upaya menjual kembali suatu produk milik orang/perusahaan kepada konsumen tertentu.

Ada berbagai produk di internet yang bisa direseller kepada orang lain. Produk apa sajakah itu? Anda dapat menggunakan keyword: Reseller Online di Google, dan lihatlah jutaan hasil pencarian akan muncul terkait itu. Anda tinggal memilih produk mana yang bisa dipasarkan. Sekadar saran, pilihlah produk yang memiliki prospek bagus, market yang luas dan ada opsi dropshipper. Selain itu, penguasaan product knowledge merupakan hal penting untuk sukses.

Untuk pemasaran online, idealnya Anda mempunyai website, agar produk tersebut dapat dipublikasikan secara luas. Banyak penyedia website gratis (termasuk WordPress dan Blogspot). Anda dapat menggunakan itu. Jika tak familiar mengelola website, manfaatkan dan maksimalkan media sosial (medsos); Pakai akun Facebook (FB) Anda. Bergabung ke dalam grup-grup penjualan di FB. Gunakan pula Instagram (IG). Pasarkanlah produk tersebut di medsos Anda! Maka, jika produk itu terjual, Anda mendapatkan komisi dari pemilik produk. Duplikasikan cara itu pada produk yang lain, maka berlipat gandalah keuntungan Anda! Dalam hal ini, ingat selalu prinsip: Kali sering kali banyak. Untung sedikit, tapi kalau sering dan banyak, maka banyak pula pendapatan Anda. Bukankah begitu?

 

2. Buzzer Media Sosial

Jika di medsos FB, teman Anda sudah mencapai 5 ribu plus ratusan atau bahkan ribuan followers, yang fanatik like dan share apapun yang Anda posting, maka Anda tergolong seorang buzzer (istilah di IG: Selebgram). Manfaatkan posisi Anda itu! Anda bisa membuat email marketing kepada pemilik produk untuk menjadi endorser mereka. Dalam banyak kasus, justeru perusahaanlah yang mencari para selebriti medsos ini.

Apabila Anda belum pada posisi itu, belum terlambat untuk memulai. Jalinlah pertemanan lebih banyak dalam kurun waktu tertentu. Beri like dan comment pada posting teman secara rutin, dan postinglah status/info Anda dengan bahasa santun di timeline sendiri. Seiring waktu, usaha Anda itu tidak akan sia-sia. Ingat! Hasil tidak pernah mengkhianati prosesnya. Sebagai catatan, hindari boom friend request dalam sehari. Oleh FB khususnya,akun Anda bisa disuspened.

 

3. Web Content Writer

Ada milyaran website bertebaran di dunia maya. Dan banyak pemilik website membutuhkan penulis artikel, guna memenuhi kuota content web mereka dalam sehari. Jika Anda piawai dalam menulis tema apapun, itulah peluang Anda!

web content writer adalah salah satu bisnis tanpa modal
web content writer adalah salah satu bisnis tanpa modal

Dalam dunia website, content is king. Manfaatkan skill menulis yang Anda punya. Semakin besar peluang Anda menghasilkan uang, jika mempunyai kemampuan dalam menerjemahkan bahasa (Inggris ke Indonesia).

Nah, mulailah mencari website mana yang membutuhkan kecakapan Anda itu. Via Google, ada puluhan juta keyword tentang Web Content Writer. Mulailah dari situ. Kalau sudah oke, seduhlah kopi dan mulailah menulis!

 

4. Sales Freelance

Kata sales kadang bagi sebagian orang berkonotasi pekerjaan rendahan yang tak menghasilkan uang banyak. Penilaian itu salah besar! Sebab, tak sedikit orang yang berprofesi sales, sukses besar.

Sales Freelance dapat Anda coba. Produk seperti Tupperware dan Avon, bisa jadi pilihan. Selain itu, masih banyak perusahaan yang menawarkan produknya untuk dijual para Sales Freelance. Tinggal berpulang pada Anda untuk memilih produk apa dan dari perusahaan mana yang membuka peluang itu. Dari mana memulainya? Sekali lagi, gunakan Google via handphone Anda.

 

SIMAK PULA – 7 Langkah Menjadi Kaya dengan Cara Cerdas

 

5. Youtuber

Sekarang ini jamannya Vlog (Video Blogging). Untuk awalnya, gunakan smartphone Anda merekam hal-hal menarik dan unik menjadi Vlog di channel Youtube milik Anda. Dari mana idenya? Percaya atau tidak, terkadang ide nyeleneh yang tidak mainstream pun bisa jadi Vlog yang mendatangkan visitor dan subscriber berlimpah.

Bagaimana memulainya? Pelajarilah terlebih dahulu Vlog-vlog dengan visitor besar. Lihat apa ide yang ditawarkan, dan bagaimana cara mereka mengambil angle gambar, musik latar dan atau info grafis lainnya.

Ide ada. Smartphone juga ada. Lalu, bagaimana nanti mengedit video itu? Tenang, ada banyak software gratis untuk itu, dengan cara pakai yang user friendly pula. Anda tinggal mencarinya di Google.

 

6. Blogger

Mempunyai website tak ada artinya tanpa content. Namun, content yang banyak jadi tidak berarti jika tak menghasilkan uang. Lalu, bagaimana me-monetize-nya (menguangkannya)? Menjadi publisher Google Adsense, salah satu jawabannya.

Google Adsense akan memberikan income lumayan untuk Anda, apabila visitor Anda per bulan telah mencapai setidaknya 100 ribu. Mungkinkah menarik visitor sebanyak itu? Tentu saja! Banyak publisher yang sukses mendatangkan visitor melimpah, dan karenanya mendatangkan income dari Google yang tidak kecil. Jangan under estimate, mulailah dari sekarang. Buatlah content yang berkualitas dan perbanyak volume content Anda!

Selain itu, Anda dapat mengajukan diri menjadi mitra afiliasi Online Travel Agency (OTA), seperti agoda.com dan tiket.com. Visitor yang banyak pada sebuah web, sangat disukai OTA. Widget atau banner mereka dapat dipasang pada website Anda. Maka, jika ada visitor website yang melakukan pemesanan tiket (pesawat, kapal laut, kereta api, event, dan hotel) via situs manapun, Anda akan mendapatkan komisi per transaksi itu, karena sebelumnya visitor itu pernah mengklik banner OTA Anda. Lumayan bukan? Itu namanya, satu website, mencipta dua peluang.

 

7. Broker Properti

broker properti adalah salah satu bisnis tanpa modal

Kenapa tidak mencoba menjadi Broker Properti? Tapi, apa pekerjaan seorang Broker Properti? Broker properti bertugas menjembatani pembeli dan penjual. Keberadaan broker properti sangat membantu para penjual dan pembeli yang ingin membeli, menyewa, dan menjual properti yang diinginkan.

Bagaimana memulainya? Anda dapat bergabung di sejumlah Agen Properti yang rutin merekrut calon agen baru. Carilah yang memberikan pelatihan gratis. Memang, untuk lebih mendalami bidang ini, mengikuti pelatihan properti yang lebih advance, lebih disarankan. Tapi, itu membutuhkan biaya training yang tidak kecil.

Sebenarnya, dengan memahami sejumlah dasar-dasar pengetahuan perihal penjualan/penyewaan properti, itu sudah cukup untuk Anda memulai bisnis dalam bidang ini. Dan informasi semacam itu dapat Anda temukan di banyak situs.

Mulailah dari menjualkan properti milik teman atau kerabat Anda. Semakin terbiasa Anda dalam proses itu, Anda makin cakap selanjutnya. Dan jika ada penjualan terjadi, kepercayaan diri Anda akan bertambah – Tak ada salahnya nanti Anda mengikuti pelatihan advance tentang dunia properti, bila rejeki Anda di bisnis ini semakin besar.

bisnis tanpa modal mungkinkah

Semua model bisnis tanpa modal itu dapat Anda lakukan sebagai bisnis online sampingan atau bahkan menjadi full time di situ. Tentu, Anda harus menghitung betul waktu yang diperlukan dalam proses menuju stabilnya bisnis tanpa modal itu sebelum memutuskan full time; Jadi, jika Anda masih ada pekerjaan sekarang ini, sebaiknya ke-7 ide bisnis tanpa modal tersebut, dijadikan sebagai side job terlebih dahulu.

7 Bisnis Tanpa Modal di atas, modalnya adalah Anda sendiri, dengan sedikit modal penunjang, yaitu smartphone, sejumlah uang transport, koneksi internet dan biaya pulsa/paket data. Bagaimanapun, besaran modal itu sangatlah kecil dibandingkan dengan modal membangun bisnis lainnya. Dan bisnis tanpa modal ini dapat dilakukan oleh Ibu Rumah Tangga (IRT) sekalipun!

Tidak ada yang tidak mungkin, jika terus berusaha, sebab hasil tak pernah mengkhianati prosesnya!

 

 

Lihat pula:

Google Street View Rekam Kecelakaan di Karangampel Timur

 

 

https://www.satulangkah.com

trader, trainer, digital marketer, SEO-SMO expert, content creator, web developer, growth hacker, ghostwriter, political marketing strategy | driven by heart | 0819 0824 5558 (WA only) "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, Anda bisa berubah untuk maju; Anda dapat lakukan apapun yang Anda mau, & menjadi apapun yang Anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)

Leave a Reply

*