Latihan Militer China: Unjuk Kekuatan Kepada Donald Trump?

kapal-induk-liaoning-china

infoBaswara.com, Beijing – Media China Central Television (CCTV), sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (16/12/2016), memberitakan militer China mengadakan latihan perang besar-besaran di Laut Bohai, dekat Korea.

Latihan kali ini tidak seperti sebelumnya, karena untuk pertama kali latihan perang ini diadakan dengan menggunakan amunisi nyata, dan melibatkan sebuah skuadron kapal induk, yang terdiri dari 10 kapal, termasuk kapal induk Liaoning buatan Soviet, yang sebelumnya pernah pula dilibatkan dalam latihan perang di Laut China Selatan, kawasan yang diklaim Beijing sebagai daerah teritorinya.

skuadron kapal laut china
(via chinesemilitaryreview.blogspot.co.id)

Tak hanya itu, puluan pesawat tempur pun dilibatkan dengan peluru nyata, termasuk di dalamnya jet tempur Shenyang J-15 yang membawa anti rudal.

“Inilah latihan militer pertama kali yang melibatkan sebuah skuadron kapal induk, dengan amunisi dan pasukan nyata,” demikian diberitakan stasiun televisi CCTV, sebagaimana yang dilansir Reuters.

Pergelaran militer dengan jumlah sangat besar ini seolah hendak unjuk kekuatan, setelah China memprotes keras, Donald Trump, presiden terpilih Amerika Serikat (AS), yang sebelumnya diberitakan menerima telephone presiden Taiwan, Tsai Ing-wen. Dimana sebelumnya, hal semacam itu adalah tabu bagi China, atas dasar kebijakan “Satu China” yang diakui AS. Bagi China, tidak boleh ada negara manapun berhubungan langsung secara resmi dengan provinsi China. Oleh China, Taiwan, merupakan provinsinya yang membangkang.

Lihat: Trump Akhiri Kebijakan Satu China?

Stasiun televisi CCTV tersebut, menampilkan gambar formasi kapal perang dan jet-jet tempur China yang memakai rudal nyata, dan melakukan latihan serangan udara ke udara, laut ke udara, dan udara ke laut. [CT]

 

featured img: globalsecurity.org

 

 

https://www.satulangkah.com

Digital Marketer, SEO-SMO Expert, Content Creator, Web Developer, Ghostwriter, Political Marketing Strategy, Trader | Driven by Heart | 0881 0244 23948 (WA only) |"Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, anda bisa berubah untuk maju; anda dapat lakukan apapun yang anda mau, & menjadi apapun yang anda ingin jadi" (Calvyn Toar - Jan 2016).

    Leave a Reply

    *