Kanker Payudara – Penyebab, Pengobatan dan Pencegahannya

ciri ciri kanker payudara

infoBaswara.com, Jakarta – Setelah Kanker Leher Rahim (Kanker Serviks), Kanker Payudara merupakan penyebab kematian ke-2 pada wanita. Kanker Payudara paling umum ditemui pada wanita. Hal itu ditandai banyaknya jumlah pasien rawat inap maupun rawat jalan yang datang berobat ke sejumlah rumah sakit di Indonesia, sebagai penderita Kanker Payudara. Bukan hanya wanita, kaum pria juga dapat terserang kanker payudara, walaupun kemungkinannya jauh lebih kecil, yakni 1 di antara 1000 kasus.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2013, prevalensi (tingkat seberapa sering) kanker di Indonesia adalah 1,4 dari 1.000 penduduk atau sekitar 347.000 orang.

Di Indonesia, sayangnya, 70 persen pasien Kanker Payudara baru memeriksakan kesehatannya ketika kankernya sudah pada stadium lanjut.

Untuk cakupan dunia, terdapat 8,2 juta orang yang meninggal setiap tahun akibat kanker. Angka tersebut meningkat dari sebelumnya hanya 7,6 juta orang pada tahun 2008. Jika tidak ada sosialisasi efektif yang bertujuan mencegah pola hidup yang memicu kanker, dan timbulnya kesadaran tinggi dari para wanita, maka  diperkirakan pada tahun 2025, penderita kanker yang meninggal dunia akan mencapai 11,5 juta orang.

Dapatkah Kanker Payudara dicegah? Bisa, asalkan dilakukan sejak dini usia dan berkelanjutan. Nah, dalam rangka meminimalisir bahkan meniadakan resiko terserangnya Kanker Payudara, redaksi GenHebat.com menghimpun dari berbagai sumber dan memaparkan segala hal tentang Kanker Payudara, sehingga menjadi panduan info berharga bagi kita, dan orang-orang yang kita cintai.

 

Apa itu Kanker Payudara

Kanker Payudara (Carcinoma mammae) adalah suatu penyakit neoplasma ganas yang berasal dari parenchyma. Kanker Payudara adalah suatu kondisi terjadinya keganasan pada sel-sel yang terdapat dalam jaringan payudara, bisa berasal dari komponen kelenjarnya (epitel saluran dan lobulus), maupun komponen selain kelenjar, seperti pembuluh darah, jaringan lemak, dan saraf pada jaringan payudara.

 

Ciri-ciri dan Gejala Kanker Payudara

Sebagai wanita, Anda harus mengenali ciri-ciri Kanker Payudara sejak dini, setidaknya pada stadium 1.

  1. Adanya Benjolan di Area Payudara

Inilah tanda paling dini Kanker Payudara yang dapat diraba. Adanya benjolan tidak langsung berarti Kanker Payudara, tetapi jika memang ada benjolan di area ketiak atau sekitar payudara, meskipun tidak terasa mengganggu (sakit), baiknya diperiksakan ke dokter.

Berikut Ciri Benjolan yang Kemungkinan Kanker dan Bukan

Benjolan Kemungkinan Kanker Payudara: Benjolan itu terasa keras, Kulit payudara tampak berlesung pipit, Benjolan tak mudah dibedakan, Benjolan tidak bergerak tetap ada di area payudara, Hanya satu benjolan, Tidak ada benjolan serupa di payudara sebelah, dan Benjolan itu disertai keluarnya cairan.

Benjolan Kemungkinan Kecil sebagai Kanker: Benjolan terasa lunak, Benjolan mudah dibedakan, Benjolan bergerak di payudara, Terdapat beberapa benjolan serupa, Ada benjolan di payudara sebelahnya, dan Benjolan hilang setelah menstruasi.

  1. Perubahan Bentuk dan Ukuran

Jika terjadi perubahan bentuk dan ukuran payudara secara signifikan, ini harus diwaspadai sebagai tanda adanya Kanker Payudara. Misalnya, payudara yang sebelumnya (dalam ukuran Bh) besarnya 34 menjadi 32. Begitu pula dalam tampilan bentuknya yang awalnya mancung, kemudian menjadi tengkulai ke bawah.

  1. Kemerahan dan Bengkak di Area Payudara

Jika warna pada kulit di sekitar payudara tampak jelas kemerahan bahkan adanya pembengkakan, dan terasa hangat jika disentuh, maka konsultasikan diri Anda segera.

  1. Puting dan Payudara Terlihat Menukik Ke Dalam

Perhatikan apabila puting Anda tampak menukik ke dalam, tidak sebagaimana biasanya. Kondisi itu bisa terlihat pada salah satu puting atau bahkan pada keduanya. Tidak hanya pada puting, kondisi menukik ke dalam itu dapat pula terjadi pada area payudara lainnya.

  1. Keluar Cairan dari Puting Secara Tiba-tiba

Apabila tidak sedang menyusui, lalu keluar cairan putih bening (agak kental atau juga encer) dari puting, maka ini bisa jadi salah satu gejala terkena Kanker Payudara. Warna cairan itu pun kadang seperti darah dan atau kecoklatan. Apabila warna cairan sudah berwarna merah, itu artinya Kanker Payudara sudah berada pada stadium cukup tinggi.

Maaf, lebih lengkap tentang ulasan ini klik di sini

 

featured img: healthcaretoday24h.com

 

 

https://www.satulangkah.com

trader, trainer, digital marketer, SEO-SMO expert, content creator, web developer, growth hacker, ghostwriter, political marketing strategy | driven by heart | 0819 0824 5558 (WA only) "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, Anda bisa berubah untuk maju; Anda dapat lakukan apapun yang Anda mau, & menjadi apapun yang Anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)

Leave a Reply

*