Lengger Usai Lebaran di Tambi Wonosobo

Lengger Usai Lebaran di Tambi Wonosobo

Lengger Usai Lebaran di Tambi Wonosobo belum lama ini sukses digelar.

Acara yang menampilkan sejumlah tarian ini digelar pada tanggal 3 hingga 4 Juli 2017 lalu. Acara dalam rangka halal bi halal tersebut ramai dihadiri warga desa Tambi, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo dan sekitarnya. Tampak tua-muda, dan anak-anak berbaur menjadi satu menikmati pagelaran seni yang tidak ditemukan di daerah lain ini.

Wonosobo sebagai salah satu kabupaten di Jawa Tengah sedari dulu memang dikenal sebagai Kota Seribu Budaya. Kota ini menyimpan sebuah tradisi yang cukup unik, yaitu Warogan/Lengger, sebagaimana yang sukses dilaksanakan di desa Tambi.

Lengger Usai Lebaran di Tambi Wonosobo__

Sebenarnya, apa itu Lengger? Seperti yang dilansir negerikuindonesia.com, Lengger (dari kata “le” yang berarti anak laki-laki dan kata “ger“ yang berarti geger atau ramai) adalah salah satu tarian tradisional dari Jawa tengah yang dimainkan oleh seorang laki-laki dan seorang perempuan. Tarian ini merupakan pengembangan dari tari Tayub. Sepasang penari Lengger menggunakan topeng selama menari.

Tari Lengger ini termasuk tarian klasik, yang sudah ada sejak zaman dahulu, dan lestari hingga kini. Diyakini, Sunan Kalijaga telah memberi isian baru pada tarian ini. Dimana ia menjadikan tarian ini sebagai sarana dakwah, dan memasukkan ajaran untuk selalu mengingat Tuhan. Lantaran itulah, sebagian orang memahami bahwa sebutan lengger itu sebenarnya terambil dari kata “eleng” atau “eling” yang berarti: Ingat, dan “ngger” yang berarti: Nak, yakni sebutan untuk seorang anak. Maka, Lengger berarti: “Ingatlah nak”, merupakan seruan untuk mengingat akan kebaikan dan kebesaran Tuhan.

tari lengger wonosobo

Sebagaimana disebutkan di atas, selain Lengger, acara yang berlangsung selama dua hari ini menyajikan berbagai jenis tarian dan aktraksi kesenian lainnya yang terbilang menegangkan, seperti atraksi Debus, Kuda Lumping, dll.

Semoga tarian klasik ini dapat terus lestari, dan tak sekadar dipentaskan secara lokal di Wonosobo dan sekitarnya, tetapi kelak dapat pula tampil dalam berbagai kegiatan budaya di manapun, di Indonesia.

Sampai berjumpa dalam keseruan Lengger Usai Lebaran di Tambi Wonosobo tahun depan, dan lestarilah terus budaya Indonesia!

 

 

 

Liputan & Foto: Soni Aditia, Tangerang

 

 

https://www.satulangkah.com

trader, digital marketer, SEO-SMO expert, content creator, web developer, ghostwriter, political marketing strategy | driven by heart | 0881 0244 23948 (WA only) "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, Anda bisa berubah untuk maju; Anda dapat lakukan apapun yang Anda mau, & menjadi apapun yang Anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)

Leave a Reply

*