Paskah adalah Perayaan Terpenting Kristiani

paskah adalah yesus bangkit

Paskah adalah perayaan terpenting dalam tahun liturgi gerejawi Kristen, selain perayaan Natal. Secara etimologis, kata Paskah dari bahasa Latin: Páscha, bahasa Yunani: Πάσχα, Paskha; bahasa Aram: פַּסחא‎ Pasḥa; dan dari bahasa Ibrani: פֶּסַח Pesaḥ (arti harafiahnya: lewat atau Tuhan lewat).

Mengapa dikatakan sebagai perayaan terpenting? Apakah perayaan yang lain tidak penting? Tentu bukan demikian maksudnya. Dikatakan terpenting karena jika Paskah tidak pernah ada, maka umat Kristen meyakini tidak ada gunanya merayakan perayaan yang lain, misalnya perayaan Natal. Sebab, kelahiran Yesus akan menjadi sia-sia andaikata Ia tidak dibangkitkan.

Bagi umat Kristen, Paskah identik dengan Yesus, yang oleh Paulus disebut sebagai “anak domba Paskah”; jemaat Kristen hingga saat ini percaya bahwa Yesus disalibkan, mati dan dikuburkan, dan pada hari yang ketiga bangkit dari antara orang mati.

Paskah merayakan hari kebangkitan tersebut, dan merupakan perayaan terpenting, karena memperingati peristiwa paling sakral dalam hidup Yesus, sebagaimana yang tercatat dalam ke-4 Injil di Perjanjian Baru. Perayaan ini juga dinamakan Minggu Paskah, Hari Kebangkitan, atau Minggu Kebangkitan.

Paskah juga merujuk pada masa di dalam kalender gereja yang disebut “masa Paskah”, yaitu masa yang dirayakan dulu selama empat puluh hari, sejak Minggu Paskah (puncak dari Pekan Suci) hingga hari Kenaikan Yesus. Namun, sekarang masa tersebut diperpanjang hingga lima puluh hari, yaitu sampai dengan hari Pentakosta (yang artinya “hari kelima puluh” – hari ke-50 setelah Paskah, terjadi peristiwa turunnya Roh Kudus).

Minggu pertama di dalam masa Paskah ini dinamakan Oktaf Paskah oleh Gereja Katolik Roma. Hari Paskah juga mengakhiri perayaan Pra-Paskah yang dimulai sejak empat puluh hari sebelum Kamis Putih, yaitu masa-masa berdoa, penyesalan, dan persiapan berkabung.

 

Paskah, Telur, Cokelat dan Kelinci

paskah telur dan cokelat

Dilansir dari Tempo.co, rupanya perayaan Paskah yang identik dengan adanya telur, cokelat, hingga kelinci ternyata dimulai dari sebuah tradisi masyarakat di Eropa. Misalnya telur ternyata dulu saat musim semi, penduduk Eropa biasa membagikan telur saat musim semi datang.

Peringatan Paskah setiap tahunnya memang dirayakan saat awal musim semi pada Maret hingga April. Jadi tradisi membagikan telur ini terus berlangsung saat musim semi hingga ikut diidentikkan saat Paskah.

Sedangkan cokelat sendiri berawal dari tradisi orang Jerman yang akan membagikan hadiah berupa cokelat kepada anak-anak yang telah bersikap baik. Namun, ternyata kebiasaan ini pun menjadi tradisi Paskah, yaitu berupa cokelat telur.

Sebenarnya cokelat telur pertama muncul di Jerman dan Prancis di abad ke-19 dulu. Namun, cokelat telur saat itu berbeda dari sekarang karena masih sangat keras dan pahit. Kini cokelat telur yang biasa kita temukan tentunya lebih enak dan bahkan dalamnya bisa diberikan isian.

Selain telur dan cokelat, saat Paskah pastinya kita akan membicarakan soal kelinci Paskah. Kelinci ternyata dipercaya sebagai simbol dari kehidupan baru dan kesuburan.

Jadi, paskah adalah tak sekadar bermakna rohani: kematian (Jumat Agung), dan lalu kebangkitan Yesus pada hari ketiga (Minggu), yang dimaknai sebagai “hari kemenangan atas maut”; Paskah juga menjadi perayaan terpenting dalam kalender Kristen, selain Natal; Paskah pun tidak melulu bermakna rohani. Sejumlah tradisi mengait padanya dalam masyarakat dunia sejak ratusan tahun lalu–mulai dari telur paskah, cokelat, dan bahkan kelinci paskah–semua itu sah saja dalam konteks menyambut dan memeriahkan perayaan–tentu yang utama adalah makna rohaninya yang harus dipahami benar, dan mewujud dalam sikap batin yang selaras dengan perbuatan saban hari.

Akhirnya, redaksi InfoBaswara, mengucapkan: Selamat Paskah 2018 bagi Anda yang merayakannya!

 

 

 

dari berbagai sumber

 

 

 

https://www.satulangkah.com

trader, trainer, digital marketer, SEO-SMO expert, content creator, web developer, growth hacker, ghostwriter, political marketing strategy | driven by heart | 0819 0824 5558 (WA only) "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, Anda bisa berubah untuk maju; Anda dapat lakukan apapun yang Anda mau, & menjadi apapun yang Anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)

Leave a Reply

*