Obama di Indonesia: Bravo Obama! Jokowi Hebat!

obama di indonesia

OBAMA di Indonesia ini merupakan kunjungan Presiden AS ke-44 ini atas undangan khusus Presiden RI, Joko Widodo. Undangan berlibur tersebut telah diminta Jokowi sejak 2015 silam.

Obama dan keluarganya (Michelle Obama, Malia dan Sasha Obama) pun akhirnya memenuhi undangan Jokowi tersebut, dan tiba di Bali pada 23 Juni 2017 lalu. Setelah berlibur beberapa hari di Bali, Obama mengunjungi Jogyakarta. Sejumlah spot wisata populer sempat dikunjungi Barry (panggilan masa kecil Obama sewaktu di Indonesia), seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Puncak Becici.

Usai dari Jogyakarta, Obama melanjutkan liburannya ke Jakarta. Barack Obama dan rombongan tiba di Jakarta pada 30 Juni 2017 via Bandar Udara Halim Perdanakusuma, dan langsung menuju ke tempat beristirahat mereka di Hotel Mandarin Oriental Jakarta Pusat.

obama di indonesia di istana bogor
(via kompas.com)

Pada hari yang sama, sekitar pukul 15.25 WIB, Obama tiba di Istana Bogor, dan disambut langsung oleh Jokowi, ibu Iriana dan Kaesang. Pada kesempatan itu, Obama sempat berbincang sejenak dengan Kaesang, putra ketiga Jokowi.

Obama sempat menyantap bakso di Cafe Grand Garden yang berada di kawasan Kebun Raya Bogor. Bersama dengan Jokowi, Obama kemudian menikmati hidangan teh dan sejumlah jajanan pasar, seperti: panada cakalang, talam ubi, onde-onde, lemper ayam dan kue mangkok.

SIMAK JUGA – Obama Makan Bakso Kuah di Istana Bogor

Sabtu, 1 Juli 2017, Obama memenuhi undangan Kongres Diaspora Indonesia (CID) ke-4 yang dilangsungkan di Kasablanka Hall Jakarta Selatan. Pada kesempatan itu, Obama didaulat menyampaikan pidato. Dalam pidato di CID (Congress of Indonesian Diaspora) ke-4 tersebut, Obama memuji salah satu pilar bangsa Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika, yang disebutnya menjadi contoh nyata prinsip yang dapat menyatukan pelbagai perbedaan yang ada di Indonesia, sebagai negara Islam terbesar di dunia.

obama di indonesia, dalam kongres diaspora indonesia ke 4
(via voaindonesia.com)

Usai dari CID, Obama mengunjungi SDN 01 Menteng, yakni sekolah masa kecil Obama. Selama 15 menit Obama berada di sekolah ini bersama keluarga dan rombongannya.

Rencananya, Minggu/2 Juli, Obama dan rombongannya akan bertolak menuju Seoul, Korea Selatan. Kunjungan hampir 2 minggu Obama di Indonesia ini tentu saja sangat berdampak bagi hubungan Indonesia-AS, dan menggenjot sektor pariwisata Indonesia.

Bravo Obama! Jokowi Hebat!

 

 

 

Leave a Reply

*