Gong Xi Fa Chai: Sejarah Pengucapannya

gong xi fa cai

Gong Xi Fa Chai adalah ucapan yang umum disampaikan pada perayaan imlek ini kadang disebut pula dengan “Kiong Hi Fat Chai”. Kedua ucapan tersebut, dapat berarti: Selamat dan Sejahtera.

The Mansion Kemayoran

Gong Xi Fa Chai (恭喜發財)dan atau Kiong Hi Fat Chai, seringkali dimaknai sebagai ucapan “Selamat Tahun Baru China”. Padahal, bukanlah demikian!

Kata Gong Xi (artinya: Selamat dan Sejahtera), telah melewati sejarah yang panjang. Kata ini menjadi populer di China, karena berangkat dari dua sisi.

Pertama, dari sisi sejarah. Ucapan Gong Xi, mulai umum digunakan ketika penduduk China berhasil melewati musim dingin yang panjang, dengan segala kisah dukanya. Maka, Gong Xi Fa Cai, menjadi semacam ucapan perayaan atas masa sukar yang sukses dilalui.

Terkait sisi sejarah, ucapan tersebut pun muncul dan lumrah digunakan manakala masyarakat China mampu melalui bencana kelaparan dan kematian anak-anak di masa lalu. Itulah sebabnya, ketika masa kelam itu terlampaui, ada spirit untuk mengucapkan Gong Xi Fa Cai. Sebagaimana makna positif ucapan tersebut, masyarakat pun benar-benar menjadi sejahtera dan makmur. Bertambahnya anggota keluarga baru (anak-anak) pun merupakan bagian dari kehidupan yang lebih baik dan menguntungkan. Tak heran, jika sampai saat ini, China merupakan negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia, yakni mencapai 1,379 miliar (2016).

sejarah gong xi fa chai

Masih terkait sisi sejarah, membaiknya kesejahteraan hidup negeri tirai bambu dari waktu ke waktu, semangat kapitalisme dan konsumerisme melanda China dan seluruh diasporanya. Maka, dua suku kata terakhir: Fa Chai (artinya: sejahtera/makmur), mulai umum dipakai dalam komunitas China di seluruh dunia.

Kedua, dari sisi legenda. Berdasarkan legenda tentang Imlek, ada binatang buas Nian, selalu memburu dan memangsa manusia. Luputnya penduduk dari terkaman Nian, membuat warga bersyukur. Maka, dua kata pertama: Gong Xi, menjadi umum dipakai sebagai ungkapan syukur.

Berikut, selain Gong Xi dan Kiong Hi, inilah sejumlah ucapan dalam perayaan Imlek di seluruh dunia:

suì suì píng an (岁岁平安), artinya: Kestabilan dan kedamaian tahun ke tahun

nián nián you yú ( 年年有餘 ), artinya: Tiap tahun diberkati dengan kelimpahan panen

Wan Shi Ru Yi (万事如意), artinya: Semoga Sukses

Xin Nian Jin Pu (新年进步), artinya: Memiliki Kemajuan yang Lebih Baik pada Tahun Baru ini

Shen Ti Jian Kang (身体健康), artinya: Memiliki Kesehatan yang Baik

Xin Nian Kuai Le (新年快樂), artinya: Selamat Tahun Baru

Akhirnya, kami pun mengucapkan: Gong Xi Fa Cai!

 

 

https://www.satulangkah.com

Digital Marketer, SEO-SMO Expert, Content Creator, Web Developer, Ghostwriter, Political Marketing Strategy, Trader | Driven by Heart | 0881 0244 23948 (WA only) | "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, anda bisa berubah untuk maju; anda dapat lakukan apapun yang anda mau, & menjadi apapun yang anda ingin jadi" (Calvyn Toar - Jan 2016).

Leave a Reply

*