10 Film Terbaik Sepanjang Masa

10-film-terbaik-sepanjang-masa

Film Terbaik Sepanjang Masa di dunia dalam daftar ini, sejumlah di antaranya merupakan film box office. Film box office belum tentu menjadi film terbaik. Demikian pula sebaliknya. Kriteria penilaian terbaik pun pastinya bisa didapatkan dari penghargaan yang diraih sebuh film dalam ajang resmi sekaliber Academy Awards. Semakin banyak Piala Oscar yang dimenangkannya, apalagi memenangkan kategori sebagai film terbaik, itu bisa jadi tolok ukur. Kendati demikian, para kritikus film kadang berbeda dengan apa yang diputuskan Academy Awards.

Umumnya, sebagai awam, penonton tak ambil pusing soal teknis dan kriteria penjurian. Selama film tersebut bagus untuk ditonton, dan memuaskan hasrat hiburan, bisa jadi film yang ditontonnya pun menjadi the best movie bagi dirinya sendiri. Bukankah begitu?

Inilah 10 Film Terbaik Sepanjang Masa, versi infoBaswara, disusun berdasarkan tahun rilis:

 

1. Gone with the Win (1939)

film gone with the wind
via orpheum-memphis.com

 

Gone with the Wind adalah sebuah novel klasik Amerika, karya Margaret Mitchell yang diterbitkan pada tahun 1936. Novel ini memenangkan Penghargaan Pulitzer pada tahun 1937. Novel Gone with the Wind adalah salah satu novel terpopuler sepanjang masa. Adaptasi ke layar lebar pada tahun 1939, dan berhasil memecahkan rekor jumlah Oscar yang diterima masa itu. Film ini diputar perdana di Atlanta, Georgia, pada 15 Desember 1939.

Film ini berbiaya produksi sekitar US$4 juta. Pada tahun 1940 Gone with the Wind meraih pendapatan sebesar $32,000,000. Lalu, pada tahun 1961 film ini diputar kembali dan memecahkan rekor pendapatannya sendiri pada tahun 1940, yakni sebesar $67,000,000.

FIlm Gone with the Wind mendapatkan 13 nominasi Oscar dan memenangkan 8 di antaranya. Film ini merupakan salah satu satu Film Terbaik Sepanjang Masa yang masih menjadi pembicaraan di kalangan kritikus film hingga dengan saat ini.

 

2. Ben-Hur (1959)

film ben hur
via deadline.com

 

Ben-Hur adalah film Amerika Serikat yang digarap pada tahun 1959. Pemeran Judah Ben-Hur dalam film ini adalah Charlton Heston. Film ini disutradarai oleh William Wyler, dan mencatat penerimaan 11 Oscar.

Film ini adalah visualisasi terbaik dari novel Lewis Wallace Ben-Hur: A Tale of the Christ (1880). Film dengan biaya produksi mahal ini memerlukan 300 perangkat yang ditempatkan di tempat-tempat selebar 340 acre (1,4 km²).

Biaya produksi Ben-Hur adalah sebesar $15 juta. Film ini merupakan merupakan proyek spekulatif yang dibuat oleh MGM, guna  menyelamatkan diri dari kebangkrutan. Spekulasi MGM tepat, karena film ini ternyata meraup keuntungan total $75 juta.

Suksesnya salah satu Film Terbaik Sepanjang Masa ini, mendorong banyak produser film membuat versi barunya. Sejumlah versi pun muncul, namun, semua versi itu belum mampu mengulang sukses sebagaimana versi perdana.

 

3. The Godfather (1972)

film the godfather
via kickasstoo.com

 

The Godfather adalah sebuah film kriminal bersetting Amerika di tahun 1972. Film ini disutradarai oleh Francis Ford Coppola dan diproduksi oleh Albert S. Ruddy dengan skenario oleh Mario Puzo dan Coppola. Dibintangi oleh Marlon Brando dan Al Pacino sebagai pemimpin dari keluarga kriminal di New York. Kisah terjadi dari tahun 1945-1955, dan berfokus pada transformasi Michael Corleoneyang berasal dari luar keluarga inti yang kemudian menjadi bos Mafia kejam. Corleone menjadi kepala Keluarga Vito.

 

SIMAK PULA – 1001 Film Terbaik & Box Office Sepanjang Masa

 

Film The Godfather dianggap sebagai salah satu film terbesar di dunia perfilman, dan juga sebagai salah satu film paling berpengaruh, khususnya film berjenis Gangster. Peringkat kedua setelah Citizen Kane diperuntukkan oleh American Film Institute pada tahun 2007, film tersebut dipilih untuk dilestarikan di Amerika Serikat National Film Registry pada tahun 1990.

Film ini merupakan salah satu film terlaris sepanjang masa sekaligus Film Terbaik Sepanjang Masa yang pernah dibuat, dan tetap menjadi pemimpin box office pada tahun 1972.

Film ini berhasil meraih 3 Oscar pada tahun itu, yaitu: Best Picture, Best Actor (Brando) dan kategori Skenario Adaptasi Terbaik untuk Puzo dan Coppola. Nominasi dalam tujuh kategori lainnya termasuk PacinoJames Caan, dan Robert Duvall untuk Aktor Pendukung Terbaik dan Coppola sebagai Sutradara Terbaik. Keberhasilan film ini melahirkan 2 sekuelnya: The Godfather Part II, rilis tahun 1974, dan The Godfather Part III, rilis tahun 1990.

 

4. Star Wars: Episode V The Empire Strikes Back (1980)

film star wars episode v the empire strikes back
via rageofrayzor.com

 

Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back merupakan sebuah film Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 1980. Film yang disutradarai oleh Irvin Kershner ini pemainnya antara lain: Mark HamillHarrison FordCarrie Fisher, dan Billy Dee Williams. Tanggal rilisnya pada 21 Mei 1980.

Film fiksi berdurasi 120 menit ini memakan biaya sebesar 18 juta USD.

 

5. The Silence of the Lambs (1991)

film the silence of the lambs
via wikia.com

 

The Silence of the Lambs adalah film pemenang Academy Award yang disutradarai oleh Jonathan Demme. Film ini dibintangi oleh Jodie Foster dan Anthony Hopkins. Film ini diadaptasi dari novel karya Thomas Harris yang berkisah tentang karakter Dr. Hannibal Lecter, seorang psikiater, pembunuh genius, dan kanibal. Dalam film ini, Clarice Starling, seorang anggota FBI muda dikirim untuk bertemu dengan Lecter dipenjara, guna meminta nasihat dalam menangkap seorang pembunuh berantai yang bernama Buffalo Bill yang menculik wanita untuk dikuliti.

Film berbiaya $19.000.000 ini memenangkan 5 Academy Awards, termasuk untuk kategori Film Terbaik.

 

6. Home Alone (1991)

film Home Alone
via filmconcertslive.com

 

Home Alone adalah sebuah film komedi yang dirilis pada tahun 1990. Film ini dibintangi oleh Macaulay Culkin yang berperan sebagai Kevin McCallister, seorang anak dari keluarga kaya raya. Kevin secara tidak sengaja tertinggal oleh keluarganya yang hendak berlibur Natal ke kota Paris, Perancis. Guna menghabiskan waktu di rumah seorang diri, tak sengaja Kevin bertemu dengan dua orang pencuri bodoh yang berencana merampok rumahnya. Kelucuan demi kelucuan terjadi, ketika Kevin berusaha keras mematahkan rencana para pencuri dengan banyak jebakan sederhana tapi brilian yang dirancangnya.

Film laris yang disutradarai oleh Chris Columbus ini melahirkan beberapa sekuel, terakhir berjudul: Home Alone 5 (2012).

Home Alone merupakan film komedi terbaik sepanjang masa sekaligus Film Terbaik Sepanjang Masa.

 

7. Forrest Gump (1994)

film forrest gump
via playbuzz.com

 

Forrest Gump adalah film drama yang dirilis pada tahun 1994. Film ini diangkat dari novel  karya Winston Groom, tahun 1986. Film ini sukses secara komersial dan menjadi film terlaris di Amerika Utara pada tahun perilisannya. Forrest Gump meraih total 13 nominasi Academy Awards dan memenangkan enam di antaranya, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Robert Zemeckis), dan Aktor Terbaik (Tom Hanks).

Film ini menceritakan tentang seorang pria dengan IQ 75, dan epik perjalanan hidupnya, bertemu dengan tokoh-tokoh bersejarah, mempengaruhi budaya pop dan bahkan turut di dalam peristiwa-peristiwa bersejarah tanpa menyadari betapa pentingnya peristiwa itu, akibat kecerdasannya yang di bawah rata-rata. Film ini berbeda secara substansi dari karya novel aslinya.

Film ini menghabiskan biaya produksi sebesar US$55 juta.

 

8. Titanic (1997)

cover film titanic
via liputan6.com

 

Titanic adalah sebuah film epik romantis. Kisah percintaan Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) dan Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet). Dua insan yang berbeda status sosial.

Film ini disutradarai oleh Sutradara spesial box office James Cameron. Titanic dirilis pada 19 Desember 1997. Pada ajang Academy Awards 1998, Titanic meraih 14 nominasi, dan memenangkan 11 Oscar, termasuk kategori Best Picture dan Best Director. Film ini pun dinobatkan sebagai film terlaris sepanjang masa selama 12 tahun, pada awal 2010 predikat tersebut diambil alih oleh film Cameron lainnya, berjudul Avatar.

Film ini didanai oleh Paramount Pictures dan 20th Century Fox dan pada saat itu merupakan film termahal yang pernah dibuat, yaitu bermodal sekitar $200 juta.

Film laris ini memunculkan kata mutiara terkenal: Nothing on earth could come between them ( Tiada sesuatu pun di bumi yang sanggup memisahkan mereka).

Dalam rangka memperingati 100 tahun tenggelamnya kapal RMS Titanic, pada tanggal 4 April 2012, versi 3 dimensi  film ini (Titanic 3D) dirilis.

Theme Song lagu ini: My Heart Will Go On, yang dinyanyikan oleh Celine Dion pun mencetak sukses besar. Lagu Celine Dion tersebut pas dengan kisah percintaan Jack Dawson dan Rose DeWitt Bukater, yang berakhir dengan kematian tragis Jack.

Sejak pemutarannya di seluruh dunia, ‘Titanic’ berhasil mencetak penjualan tiket US$ 1,84 miliar atau sekitar Rp 15,7 triliun.

Film ini merupakan salah satu film romantis terbaik sepanjang masa sekaligus Film Terbaik Sepanjang Masa.

 

9. The Lord of the Rings: The Return of the King (2003)

film lord of the rings return of the king adalah salah satu film terbaik sepanjang masa
via new.hollywoodgothique.com

 

The Lord of the Rings: The Return of the King merupakan seri ketiga dari trilogi Lord of The Rings, yang disutradarai oleh Peter Jackson, dan diadopsi dari novel karya J.R.R. Tolkien.

Film ini dirilis pada tanggal 17 Desember 2003, The Lord of the Rings: The Return of the King menjadi salah satu film yang menerima kritik terbanyak dan merupakan film tersukses di box office sepanjang masa. Film ini meraih 11 Academy Awards dari 11 nominasi dalam ajang Academy Awards 2003, yang kemudian menjadi tandingan dari Titanic dan Ben-Hur untuk peraih terbanyak Academy Awards.

Film ini juga memenangkan Film Terbaik Oscar. Inilah satu-satunya film fantasi dalam sejarah perfilman yang meraih penghargaan Film Terbaik Oscar. Film ini juga menjadi film kedua terlaris di dunia setelah Titanic, tanpa memperhitungkan inflasi.

Film ini memakan biaya sebesar 94 juta dolar AS. Tetapi, berhasil  meraup pendapatan US$ 1,12 miliar atau sekitar Rp 9,62 triliun.

Di samping sebagai Film Terbaik Sepanjang Masa, The Lord of the Rings: The Return of the King merupakan film action terbaik sepanjang masa. 

 

10. Avatar

film avatar adalah salah satu film terbaik sepanjang masa
via kingofwallpapers.com

 

Avatar merupakan film bergenre fiksi ilmiah 3-D. Film ini berkisah perihal konflik di dunia yang bernama Pandora. Akibat konflik, terjadi perang besar antara manusia dan penduduk asli Pandora.

Avatar disutradarai oleh James Cameron, dirilis pada 16 Desember 2009 dalam format 2D, 3D, dan teater IMAX 3D.

Avatar merupakan film terlaris sepanjang masa dengan pendapatan yang diperoleh sebesar US$ 2.782.206.970 atau sekitar Rp 23,72 triliun.

Karena sukses besar, rencananya film Avatar 3 (trilogi Avatar) akan dirilis pada 17 Desember 2021 mendatang, dan James Cameron kemungkinan masih sebagai Sutradara. [CT]

 

 

 

dari berbagai sumber


Lihat juga:

1001 Film Terbaik dan Box Office Sepanjang Masa

 

 

 

https://www.satulangkah.com

Digital Marketer, SEO-SMO Expert, Content Creator, Web Developer, Ghostwriter, Political Marketing Strategy, Trader | Driven by Heart | 0881 0244 23948 (WA only) |"Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, anda bisa berubah untuk maju; anda dapat lakukan apapun yang anda mau, & menjadi apapun yang anda ingin jadi" (Calvyn Toar - Jan 2016).

    Leave a Reply

    *