Respect dan Apresiasi Untukmu Timnas Indonesia!

Tegakkan Kepalamu Garudaku

infoBaswara.com, JakartaTimnas Indonesia akhirnya dikalahkan oleh The War Elephants Thailand, di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, hari ini Sabtu (17/12/16), dalam pertandingan Final leg ke-2 Piala AFF 2016, dengan skor akhir 0-2. Thailand menang agregat 3-2.

Gol Thailand disarangkan oleh Sirod Chatthong, setelah sebelumnya bola salah diantisipasi oleh Fachrudin. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, dominasi Thailand tak berkurang, anak-anak Garuda tetap tertekan. Pola serangan balik yang diharapkan Alfred Riedl tak berjalan sesuai skenario.

Baru 40 detik kick off babak kedua dimulai, gawang Kurnia Meiga bobol untuk kedua kalinya. Lagi-lagi melalui kaki pemain bertubuh gempal, Sirod Chatthong. Thailand mempertebal keunggulan menjadi 2-0.

Meski di 20 menit sisa babak kedua, skuad Garuda mencoba mengurung lapangan permainan Thailand, tetapi serangan anak-anak Indonesia yang sporadis, selalu dapat dipatahkan Timnas Thailand.

Di menit-menit akhir, sempat terjadi insiden ketika Abduh Lestaluhu terprovokasi pemain cadangan dan official Thailand. Lestaluhu menendang bola ke arah bangku Tim Gajah Putih itu. Abduh Lestaluhu pun mendapatkan kartu merah.

Pluit akhir babak kedua dibunyikan, dan skor tidak berubah. Thailand menang, dan mempertahankan gelar Juara Piala AFF 2016, yang sebelumnya mereka raih pula pada tahun 2014 silam. Dengan raihan ini, Thailand telah mencatatkan 5x sebagai Juara Piala AFF.

Maju terus Timnas Indonesia
Maju terus Timnas Indonesia (via lanyallamm.com)

Kendati kalah, Timnas Indonesia harus mendapatkan respect dan apresiasi dari seluruh rakyat Indonesia. Apa sebab? Dengan stok seadanya, dan dengan kondisi serba banyak masalah, baik sebelum persiapan tim, terbentuknya skuad hingga dengan pertandingan final leg pertama, mereka telah berjuang begitu keras. Mental dan daya juang anak-anak Garuda layak untuk mendapatkan pujian dan penghargaan.

Kalau dengan stok seadanya, Riedl mampu meramu kekurangan tersebut, dan Timnas Merah Putih menjelma menjadi tim bermental bak tim panser Jerman, lalu mematahkan banyak prediksi yang memperkirakan paling top, Timnas Indonesia akan terhenti di semifinal, maka dengan persiapan yang lebih matang, kelak skuad Merah Putih tak hanya akan membawa pulang Trophy AFF ke tanah air, tetapi juga merengkuh superioritas di level Asia. Kenapa tidak…?!

Tegakkan kepalamu anak-anak Garuda! Kita menang yang tertunda. Kami tetap bangga padamu Timnas Indonesia! Selama napas masih ada, asa selalu terbuka, juara sepakbola level dunia, pasti akan diraih yang membuat bangga seluruh tumpah darah, Indonesia.

 

featured img: sidominews.com

 

 

Related posts

Leave a Reply

*