Wasekjen MUI Ditolak Pemuda Dayak

wasekjen mui dan pemuda dayak

infoBaswara.com, Jakarta – Kedatangan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Tengku Zulkarnain dan rombongan ke Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, pada hari Kamis (12/1/17) siang, terhenti di pintu keluar pesawat Garuda yang ditumpanginya. Tengku Zulkarnain, bahkan tak sempat menginjakkan kakinya di tangga turun pertama. Ia hanya sempat melihat situasi di luar pesawat tak sampai lima menit. Sebelum itu, terlihat beberapa penumpang umum lain telah meninggalkan pesawat dengan aman tanpa gangguan.

Apa pasal? Rupanya, sekitar 30 puluh pemuda Dayak dengan mengenakan pakaian adat Dayak, berkumpul di bandara dan menghadang kehadiran Wasekjen MUI itu, tepat di bawah tangga pesawat. Mereka menolak keras kedatangan Tengku Zulkarnain. Ketegangan sempat terjadi selama lebih kurang 15 menit, dan terdengar perkataan: “Ini kami kafir. Kau merusak NKRI, tak boleh turun kau,” teriak seorang pemuda Dayak.

rombongan tengku zulkarnain batal turun di bandara susilo kalbar
rombongan tengku zulkarnain batal turun di bandara susilo kalbar

 

Sikap pemuda Dayak yang tergabung dalam Dewan Adat Dayak menolak Tengku Zulkarnain, karena Wasekjen MUI itu pernah berkata via media sosial, bahwa suku Dayak kafir dan tidak pantas masuk surga.

Ditemui di Mabes Polri, Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Rikwanto membenarkan adanya penolakan sejumlah warga suku Dayak terhadap Wasekjen MUI, yang tanpa sedikitpun terjadi insiden kekerasan fisik.

Lihat Video Detik-detik Penolakan Pemuda Dayak Terhadap Wasekjen MUI

“‎Rombongan tidak jadi turun dari pesawat di Bandara Sintang dan langsung menuju ke Pontianak. Penolakan aman terkendali,” ucap Rikwanto, Kamis (12/1/17).

Tak lama kemudian, sejumlah personel polisi tampak mengamankan situasi, dengan mencoba menghalau para pemuda Dayak menjauh dari sisi pesawat. Pesawat Garuda itu pun terpaksa meninggalkan Bandara Susilo – Sintang, dan terbang menuju ke Bandar Udara Internasional Supadio, Pontianak. [CT]

 

featured img: youtube.com/Kabar berita TV

 

 

Related posts

Leave a Reply

*