Yana Zein Kena Kanker Payudara

yana zein dan anak-anaknya

infoBaswara.com, JakartaYana Zein, aktris senior era 90-an yang kerap berperan antagonis, masih terbaring lemah di Rumah Sakit Siloam, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, lantaran penyakit kanker stadium 4 yang dideritanya.

Kanker payudara yang diderita Yana Zein mulanya dirasakan ketika ia sedang syuting sebuah sinetron.

“Saya waktu itu di sinetron, saya sudah rasakan sedikit benjolan di payudara, lama-lama membesar, seperti gunung merapi,” kata Yana, seperti dilansir viva.co.id, Senin (2/1/17).

Karena rasa sakit yang luar biasa, pemeran nyonya Ibrahim, dalam sinetron top berjudul Pelangi di Matamu (2001), memilih melakukan pengobatan alternatif.

“Memang jadi enggak sakit, tapi lelah,” imbuh Yana.

Yana Zein mengaku, telah menjalani cara hidup yang sehat. Tetapi ternyata, kanker menyerangnya juga, hingga seperti sekarang ini.

yana zein membutuhkan dukungan anda
yana zein membutuhkan dukungan anda (via tribunnews.com)

 

Beberapa rekan Yana sesama aktris telah ikut meringankan bebannya, seperti Wulan Guritno, Andi Soraya, dan love pink (organisasi donasi kanker).

Telah setahun Yana Zein menderita kanker payudara ini. Karenanya, beban yang harus ditanggung bintang film Susuk Pocong ini sungguh berat. Berat, karena sebagai orangtua tunggal, di samping harus membiayai pengobatannya yang super mahal, ia harus membiayai hidup sehari-hari kedua orang anaknya, Aurelia dan Alika, yang bahkan telah setahun putus sekolah.

yana zein ketika masih aktif di sinetron
yana zein ketika masih aktif di sinetron (via tren.co.id)

 

Harta yang dimiliki Yana Zein sudah tidak cukup untuk membiayai pengobatannya, termasuk biaya untuk kehidupan sehari-hari.

“Akhirnya mereka (Aurelia dan Alika) bilang, mami gorengin 1 telur dan sisanya untuk ke dokter. Mereka temani saya seharian,” tutur Yana, seperti dilansir bintang.com.

Aurelia dan Alika membuat ibunya terharu, karena demi membantu biaya berobat maminya, mereka rela menjual koran dan buku bekas pelajaran milik mereka. Tentu saja upaya itu sangat jauh dari cukup untuk membantu pengobatan ibunya. Tapi, sebagai anak, usaha keduanya sungguh hebat, mengharukan dan menginspirasi.

Hingga dengan berita ini diturunkan, Yana Zein, telah menjalani 6 kali kemoterapi, dan 3 kali radiasi dari 25 total radiasi yang harus dijalaninya.

Semoga, rekan-rekan aktris yang lain dapat berinisiatif dan berkoordinasi melakukan penggalangan dana, utamanya untuk membantu meringankan biaya berobat Yana Zein, dan untuk kelanjutan studi Aurelia dan Alika. Donasi dari pihak lain yang bersimpati pun tentu saja sangat diharapkan. [CT]

 

dari berbagai sumber

featured img: wowkeren.com

 

 

https://www.satulangkah.com

trader, trainer, digital marketer, SEO-SMO expert, content creator, web developer, growth hacker, ghostwriter, political marketing strategy | driven by heart | 0819 0824 5558 (WA only) "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, Anda bisa berubah untuk maju; Anda dapat lakukan apapun yang Anda mau, & menjadi apapun yang Anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)

Leave a Reply

*