PM Israel Benjamin Netanyahu Menolak Resolusi DK PBB

rapat dewan keamanan pbb

infoBaswara.com, IsraelBenjamin Netanyahu, Perdana menteri Israel, dengan tegas menolak dan tidak akan mematuhi resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB yang diputuskan pada Jumat (23/12/16), yaitu menuntut Israel segera dan secara menyeluruh menghentikan pembangunan permukiman di wilayah Palestina.

Netanyahu bahkan mengatakan, bahwa resolusi PBB tersebut adalah tindakan memalukan.

“Israel menolak resolusi PBB anti-Israel yang memalukan ini, kami tidak akan mematuhi ketentuannya,” ucap Netanyahu.

PM Israel Benjamin Netanyahu
PM Israel Benjamin Netanyahu (via newsofafrica.org)

 

Di sisi lain, juru bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan, bahwa resolusi PBB tersebut merupakan “pukulan telak buat kebijakan Israel”.

DK PBB menegaskan, pembangunan permukiman itu bertentangan dengan hukum Internasional.

Resolusi ini bisa disetujui oleh 15 anggota DK PBB, karena Amerika Serikat (AS) menolak melakukan hak veto-nya. Biasanya, AS selalu melakukan veto jika berkaitan dengan pembangunan permukiman Israel.

Namun, sebelumnya pada hari Kamis (22/12/16), Presiden AS terpilih Donald Trump, berupaya mendesak DK PBB untuk mementahkan resolusi tersebut.

Trump menyatakan, bahwa perdamaian antara Israel dan Palestina dapat terjadi jika kedua negara tersebut bernegosiasi langsung, dan bukannya ditetapkan melalui syarat-syarat yang dikeluarkan PBB.

“Ini menempatkan Israel dalam posisi perundingan yang sangat lemah dan sangat tidak adil untuk semua warga Israel,” ucap Trump.

 

sumber: bbc.com

featured img: bbc.com


Lihat juga:

Sikap Donald Trump Terhadap Kebijakan Satu China

 

 

https://www.satulangkah.com

Digital Marketer, SEO-SMO Expert, Content Creator, Web Developer, Ghostwriter, Political Marketing Strategy, Trader | Driven by Heart | 0881 0244 23948 (WA only) | "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, anda bisa berubah untuk maju; anda dapat lakukan apapun yang anda mau, & menjadi apapun yang anda ingin jadi" (Calvyn Toar - Jan 2016).

Leave a Reply

*