Prosesi Lengkap Inaugurasi Donald Trump

acara pelantikan presiden as

infoBaswara.com, Washington –  Donald Trump dan Mike Pence segera menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) dan Wakil Presiden AS kurang dari 10 jam hari ini, Jumat (20/1/17) siang, yaitu sekitar pukul 13.00 waktu AS. Beberapa acara berikut merupakan bagian dari prosesi pelantikan Trump – Pence, seperti dilansir AFP.

Inaugurasi Trump – Pence diawali pada Kamis (19/1/17), waktu AS. Keduanya meletakkan karangan bungan di depan makam pahlawan tak dikenal, di Arlington National Cemetery, Washington DC. Kegiatan di awal pelantikan ini sudah menjadi tradisi para calon pemimpin nomor satu di AS, yaitu suatu wujud penghormatan kepada semua vetaran perang AS.

Seperti dilansir AFP, Kamis (19/1/17), prosesi pelantikan Trump dan Pence sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS telah dimulai pada Kamis (19/1) waktu AS. Pada Kamis (19/1) sore waktu AS, Trump dan wakilnya, Mike Pence meletakkan karangan bunga di taman makam Arlington National Cemetery di Washington DC, untuk menghormati seluruh veteran perang AS.

Jumat pagi (20/1/17) waktu setempat, Trump-Pence akan mengikuti ibadah pagi di gereja St John’s Episcopal Church. Setelah itu, Donald Trump dan istrinya, Melania akan dijamu minum teh oleh Presiden Barack Obama dan Michelle Obama di White House.

Kedua pasangan orang nomor satu di AS ini kemudian menuju Gedung Capitol untuk menghadiri pengambilan sumpah sebagai presiden.

Sekitar pukul 09.30 waktu setempat, prosesi pelantikan diawali dengan acara musik di sisi barat Gedung Capitol. Di sinilah, Jackie Evancho menyanyikan lagu kebangsaan AS. Selanjutnya, para pemimpin keagamaan AS akan membacakan doa-doa dan ayat kitab suci.

Lihat Jackie Evancho Dikecam, Tetap Tampil Dalam Pelantikan Trump

Pada pukul 11.30, Mike Pence yang akan terlebih dahulu diambil sumpahnya dan dilantik sebagai Wakil Presiden AS oleh Hakim Mahkamah Agung AS, Clarence Thomas.

Sekitar pukul 12.00, giliran Donald Trump yang diambil sumpahnya sebagai Presiden AS oleh Hakim Ketua Mahkamah Agung AS, John Roberts. Usai pengambilan sumpah, Trump akan menyampaikan pidatonya yang pertama selaku Presiden AS.

Usai pelantikan, Presiden AS Donald Trump dan Wakil Presiden Mike Pence akan mengikuti jamuan makan siang di Gedung Capitol.

Pada sekitar pukul 15.00, dimulai acara parade pelantikan. Dari Gedung Capitol, Trump dan Pence akan berjalan sejauh 2,4 km menuju Gedung Putih, bersama ratusan peserta parade.

Pukul 19.00 – 23.00, rencananya Trump dan Pence beserta istri masing-masing, akan menghadiri jamuan makan malam sebanyak tiga kali sekaligus, yaitu dua makan malam bertempat di Walter E Washington Convention Centre, dan satunya lagi di National Building Museum.

Penutupan rangkaian prosesi pelantikan pada Sabtu (21/1) pagi, sekitar pukul 10.00 – 11.00 waktu AS, Trump dan Pence akan mengikuti acara National Prayer Service (doa lintas agama) di Washington National Cathedral. [CT]

 

featured img: aoc.gov

 

 

https://www.satulangkah.com

Digital Marketer, SEO-SMO Expert, Content Creator, Web Developer, Ghostwriter, Political Marketing Strategy, Trader | Driven by Heart | 0881 0244 23948 (WA only) |"Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, anda bisa berubah untuk maju; anda dapat lakukan apapun yang anda mau, & menjadi apapun yang anda ingin jadi" (Calvyn Toar - Jan 2016).

    Leave a Reply

    *