Kasus Palu Arit, Habib Rizieq Masih Sebagai Saksi

kasus palu arit rizieq

infoBaswara.com, Jakarta – Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, Senin (23/1/17) pagi tadi, menjalani pemeriksaan di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya, terkait salah satu kasus hukum yang menjeratnya, yaitu kasus palu arit yang disangkakannya pada uang kertas RI yang baru.

Berpakaian serba putih, Habib Rizieq tiba di Polda Metro Jaya pukul 10.50 WIB, dan keluar menjalani pemeriksaan pada pukul 15.00 WIB. Selama 4 jam diperiksa, penyidik menanyakan 23 pertanyaan kepadanya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, membenarkan jumlah pertanyaan yang dicecar kepada Imam Besar FPI itu.

“Ada 23 pertanyaan yang diberikan kepada Habib Rizieq berhubungan dengan Youtube. Siapa yang mengelola, siapa yang ada di situ,” ucap Argo, di luar Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Senin (23/1/2017).

Untuk keperluan pendalaman kasus, Rizieq pun ditanyakan tentang Partai Komunis Indonesia (PKI), yaitu sejauh mana dia mengetahui tentang PKI, dan pendalaman tentang simbol palu arit yang menurutnya tercetak di lembar uang kertas yang baru.

“Itu diperdalam. Itu intinya, sampai 23 pertanyaan,” ujar Argo.

Sementara itu, ditemui wartawan usai penyidikan terhadapnya, sembari menunjukkan selembar kertas, Rizieq mengumbar senyum kepada awak media, dan menyampaikan bahwa ia telah selesai diperiksa.

“Alhamdulillah! Saya sudah selesai dimintai keterangan, dan diajukan sebanyak 23 pertanyaan yang intinya soal rectoverso,” ucapnya.

Menyinggung tentang sikap para penyidik selama pemeriksaan, Rizieq menyampaikan pemeriksaan berjalan cukup baik, dan tanpa intimidasi.

“Mereka bekerja dengan pertanyaan yang cukup fokus, dan semua tanpa tekanan, tanpa intimidasi, tanpa paksaan, dan semua berjalan dengan lancar,” imbuhnya.

Setelah itu, ditemani para kuasa hukumnya, Rizieq Shihab kemudian meninggalkan Polda Metro Jaya dengan mobil Mitsubishi All New Pajero Sport berwarna putih dengan nomor B 1 FPI, sembari dikawal beberapa orang yang bergelantung di kedua sisi mobilnya.

Lihat Habib Rizieq Terlilit Sejumlah Kasus

Diiringi shalawat nabi, Rizieq lalu bergabung di mobil komando FPI. Di tengah ribuan massa yang mendukungnya, Rizieq menyampaikan orasi singkatnya, tentang pemeriksaan yang sudah dijalani, dan protesnya soal logo palu arit kepada Bank Indonesia (BI), merupakan protes semua anggota bukan hanya dirinya.

“Jika BI menggunakan metode rectoverso, maka kami menjawab sesungguhnya teknologi pengamanan uang kertas dengan metode rectoverso mempunyai ribuan alternatif, tapi kenapa harus palu arit?,” kata Rizieq.

Ucapan adanya palu arit yang dilontarkan Rizieq mulanya menjadi viral di media sosial. Terhadap hal itu, ia lalu dilaporkan oleh Jaringan Intelektual Muda Anti Fitnah (JIMAF) ke polisi. Hal itu pula yang menyeretnya harus menjalani pemeriksaan polisi pada hari ini, dengan status masih sebagai saksi. [CT]

 

featured img: tempo.co


Lihat juga:

Habib Rizieq Laporkan Sri Mulyani dan Agus Martowardojo

 

 

https://www.satulangkah.com

Digital Marketer, SEO-SMO Expert, Content Creator, Web Developer, Ghostwriter, Political Marketing Strategy, Trader | Driven by Heart | 0881 0244 23948 (WA only) | "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, anda bisa berubah untuk maju; anda dapat lakukan apapun yang anda mau, & menjadi apapun yang anda ingin jadi" (Calvyn Toar - Jan 2016).

Leave a Reply

*